Edyan, Lukisan Mirip Coretan di Papan Tulis Ini Harganya Rp 954 Miliar!

  • Share

NGONOO.com – Bagi kita-kita orang awam, mungkin kalo pertama kali melihat lukisan yang satu ini akan mengira bahwa lukisan tersebut hanyalah sebuah coretan anak kecil yang tidak ada harganya. Eiits tapi jangan salah gaes, lukisan yang mirip coretan kapur di papan tulis ini ternyata terjual US$70,5 juta atau sekitar Rp 954 miliar lho, warbyasak kan gaes.

lukisan mahal
Lukisan ‘Untitled’ karya Cy Twombly

Lukisan unik karya pelukis Cy Twombly yang bertajuk ‘Untitled’ ini dibuat dengan bahan krayon lilin, pensil, cat minyak, di atas kanvas. Lukisan tersebut berhasil terjual dalam sebuah lelang yang digelar di Balai Sotheby’s, New York, Amerika Serikat.

Balai Lelang Sotheby’s menyatakan lukisan yang dibuat pada 1968 itu sebetulnya karya yang tidak berniat menggambarkan papan tulis. Lukisan ‘Untitled’ ini masuk dalam kategori seni kontemporer. Lingkaran yang tergambar mewarnai latar hitam ditafsirkan oleh kritikus sebagai representasi kehidupan modern.

Cy Twombly
Sosok pelukis Cy Twombly (1928-2011)

Juru bicara Sotheby’s mengatakan, “Harga jual kali ini mengalahkan rekor penjualan sebelumnya yang mencapai US$69 juta.”

Pemilik lukisan ini sebelumnya adalah kolektor dari Kota Los Angeles, yang namanya dirahasiakan. Hasil penjualan lukisan ini nantinya akan digunakan untuk membangun tempat ibadah.

Selain ‘Untitled’, karya lain yang terjual tak kalah mahal adalah lukisan repro tokoh Mao Zedong yang dibuat oleh seniman legendaris Andy Warhol. Karya seni kontemporer itu terjual US$47,5 juta atau sekitar Rp 647 miliar.

via Liputan6

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.