Siapakah Adolphe Sax yang Gambarnya Muncul di Homepage Google Hari Ini?

NGONOO.com – Hari ini tepatnya 6 November, Google memperingati hari ulang tahun Seniman musik dunia asal Belgia, yakni Antonie-Joseph Sax atau lebih dikenal dengan nama Adolphe Sax. Adolphe Sax adalah seorang Saksofon asal Belgia yang lahir pada 6 November 1814. Adolphe Sax juga seorang pengrajin alat musik tiup dan penemu alat musik Saksofon bersama dengan ayahnya Charles Joseph Sax. Saksofon sendiri dibuat pada tahun 1841, namun Adolphe baru mempatenkan ciptaanya pada tahun 1846.

Adolphe mulai mempelajari cara bermain dan membuat alat musik flute dan klarinet di Brussels Conservatory pada tahun 1842, ia pergi ke Paris. Di sana ia memeperkenalkan alat musik saksofon, sebuah alat musik tiup yang terbuat dari metal dengan ujung peniup yang berbentuk kerucut yang dibuat dari usahanya untuk mengimprovisasi alat musik klarinet bass.

Saxotromba, Saxhorn, Saxtuba

Charles dan Antoine kemudian mengembangkan alat musik sakhorn yang dipatenkan pada tahun 1845, alat musik ini merupakan pengembangan dari alat musik bugle horn dan kemudian alat musik sakso-tromba, yang memproduksi nada mirip dengan suara bugle horn dan trompet dan terakhir mereka menciptakan alat musik saktuba.

(via wikipedia)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.