Keren, Petugas Pemadam Kebakaran Dubai Dilengkapi Dengan Jetpack

NGONOO.com – Selain dikenal dengan gedung-gedung mewah seperti Burj Khalifa dan pulau-pulau buatannya, Dubai rupanya juga dikenal sebagai negara yang memanfaatkan berbagai macam barang mewah dan teknologi terbaru untuk mendukung fasilitas umumnya lho gaes. Salah satunya contohnya ya penggunaan supercar untuk patroli polisi di Dubai.

Nah selain penggunaan supercar sebagai fasilitas patroli polisi di Dubai, ternyata ada yang baru lagi ni gaes. Kali ini Pertahanan Sipil di Uni Emirat Arab, baru saja memesanan 20 jetpack yang dibuat oleh Martin Aircraft Company yang berbasis di Selandia Baru ditambah dua simulatornya.

dubai jetpack
Jetpack Dubai via Dailymail

Jetpack seharga US$ 200.000 atau setara dengan Rp 2,6 Miliar tersebut memiliki 200 tenaga kuda dan dipacu dengan mesin turbin yang dapat mencapai kecepatan penuh 72 kilometer per jam dan ketinggian 914 meter– melebihi pencakar langit Burj Khalifah. Dan rencanaya Jetpack tersebut akan digunakan oleh Pemadam Kebakaran di Dubai. Wiih pasti para petugas pemadamnya bakalan kaya di film-film superhero itu ya gaes, bisa terbang-terbang.

Nah, Martin Aircraft Company menjelaskan bahwa Jetpack buatan mereka memberikan peluang kepada petugas pemadam kebakaran untuk mencapai lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh helikopter.

Jetpack tersebut dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, dan ukurannya yang relatif kecil mampu diterbangkan melalui tempat-tempat sempit seperti diantra gedung, pepohonan dan lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh helikopter.

dubai jetpack 1
Jetpack Dubai via Dailymail

“Peralatan taktis yang dapat digunakan dalam keadaan darurat memberikan peluang kepada Pertahanan Sipil untuk melakukan pengerahan dengan segera, seperti pemantauan intel, intervensi awal, penyelamatan pada ketinggian serta pengerahan tim khusus.”

Kesepakatan Jetpack ini dilakukan pada 9 November lalu dalam acara Dubai Air Show yang dihadiri oleh Letnan Kolonel Ali Hassan Almutawa, Direktur Operasional mewakili Mayjen Rashid Thani Al Matroushi selaku Direktorat jenderal Pertahanan sipil.

Ia mengungkapkan, ” visi Pertahanan Sipil Dubai (DCD) adalah untuk melindungi nyawa, properti dan lingkungan dengan pelayanan profesional dengan segera– investasi secara efisien terhadap sumber daya manusia dan materi untuk memberikan hasil yang terbaik

Wah kayanya bakal keren ya gaes kalo di Indonesia pemadam kebakarannya juga pake jetpack. Pasti kebakaran di gang-gang sempit dan padat penduduk bisa diatasi dengan cepat. 🙂

via Dailymail

gambar mas-mas pake jetpack via SHutterstock

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *