Gak Mau Kalah dengan Google, Facebook Juga Berencana Untuk Hadirkan Internet ke Seluruh Pelosok Dunia

  • Share

NGONOO.com – Kalian pastinya udah tau dong kalau Google punya balon Wi-Fi yang akan hadir di Indonesia setidaknya pada tahun 2016 mendatang. Nah, seakan gak mau kalah dari Google, ternyata Facebook juga mempunyai niatan yang sama gais. Bedanya, kalau Google akan menggunakan balon maka Facebook akan menggunakan pesawat.

Berdasarkan Business Insider, rencana tersebut disampaikan oleh Facebook dalam acara Web Summit yang diselenggerakan di Dublin, Irlandia. Salah satu eksekutif Facebook, Mike Schroepfer menjelaskan jika saat ini mereka sedang mempersiapkan ujicoba pesawat bertenaga surya yang nantinya akan memberikan akses internet broadband secara global.

Pesawat Aquila Milik Facebook
Pesawat Aquila Milik Facebook

Pesawat milik Facebook ini diberi nama Aquila, dan masing-masing pesawat akan menyebarkan sinyal jaringan internet dengan cara menembakkan laser ke pesawat lainnya. Aquila sendiri memiliki sayap yang ukurannya sama seperti sayap Boeing 737. Pesawat ini mampu terbang mencapai ketinggian 27 km di atas permukaan tanah selama tiga bulan lamanya.

Pesawat Aquila Milik Facebook
Pesawat Aquila Milik Facebook

Mike Schroepfer juga menjelaskan jika pesawat akan menerima sinyal internet dari kota terdekat, dan sinyal tersebut akan ditembakkan menggunakan laser ke pesawat lainnya. Mudahnya nih, setiap pesawat akan saling menembakan ulang sinyal internet atau saling menerima sinyal internet. Untuk jarak tembakan sinar lasernya sendiri cukup jauh gais, yaitu mencapai 18 km.

Pesawat Aquila Milik Facebook
Pesawat Aquila Milik Facebook

Masih belum jelas kapan pesawat bertenaga surya ini akan diluncurkan oleh Facebook. Tapi yang jelas mereka sudah siap untuk melakukan ujicoba, dan semoga saja pesawat Aquila bisa mengudara pada tahun 2016 besok.

Gambar : Facebook 1000 Words / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.