NASA Buka Lowongan Jadi Astronot, Intip Syaratnya di Sini

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest yang kemaren sempet nonton film The Martian mungkin jadi berangan-angan bisa jadi Astronot yang bertugas di luar angkasa. Nah kalo bro n sest beneran pengen jadi Astronot di Badan antariksa Amerika, The National Aeronautics and Space Administration alias NASA, ada kabar gembira nih.

Jadi, Rabu 4 November lalu NASA mengumumkan lowongan baru untuk jadi astronot. Mereka akan menerima lamaran ‘kandidat astronot kelas berikutnya’ yang dibuka bulan depan. 

shutterstock_317811290
gambar NASA via SHutterstock

Dikutip dari Huffington Post, nantinya kandidat yang terpilih akan diumumkan pada pertengahan 2017. Mereka akan mendapat kesempatan terbang ke International Space Station, pesawat luar angkasa komersial, bahkan mungkin saja misi eksplorasi Orion, ke Mars.

“Grup penjelajah luar angkasa Amerika senior akan menginspirasi generasi Mars menggapai lebih tinggi lagi, dan membantu tujuan menjejakkan kaki di Planet Merah,” ungkap Charles Bolden selaku Administrator NASA dalam video pembukaan lowongan sebagai astronot NASA.

Walaupun NASA berbasis di Amerika, namun dalam sepanjang sejarahnya hanya ada 300 orang aja lho yang pernah menjadi astronot. Itu membuktikan kalo untuk jadi astronot ga semudah daftar pekerjaan di perusahaan-perusahaan pada umumnya. Nah bro n sest mau tau apa aja syaratnya? Yuk kita simak satu-satu 🙂

Yang pertama, bro n sest yang pengen daftar harus memiliki gelar di bidang teknik, biologi, fisika, atau matematika. Sementara gelar lanjutan, seperti master atau doktor diutamakan, dan paling tidak harus memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman profesional di bidangnya.

Kedua, bro n sest tidak boleh memiliki masalah penglihatan, seperti memakai kacamata, meskipun NASA menyediakan bedah mata. Tinggi tubuh juga harus di antara 158 cm dan 188 cm.

Selain kriteria di atas, nantinya bro n sest harus menjalani sejumlah wawancara, pemeriksaan kesehatan, dan orientasi yang telah ditentukan sebelum kandidat terpilih diumumkan. Setelahnya, pelamar yang berhasil melalui semua kualifikasi akan memulai pelatihan selama dua tahun.

Dan yang paling penting nih, kalo bro n sest bisa ketrima jadi astronot di NASA, kamu bakal dapet bayaran yang cukup menggiurkan. Astronot di NASA akan digaji sedikitnya US$ 66.026 (Rp 700 juta) hingga US$ 158.700 (Rp 2 miliar) per tahun.

Gimana bro n sest tertarik? Kalo tertarik, kamu bisa melamar melalui situs resmi NASA. Yaa walaupun nanti seleksinya ga bakal mudah, tapi kalo bro n sest mau nyobain boleh kok 🙂

gambar astronot selfie via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.