Profil Lucy Maud Montgomery, Penulis Asal Kanada yang Ulang Tahunnya Dirayakan Oleh Google

NGONOO.com – Tadi kita udah bahas tentang beberapa novel karya Lucy, sekarang NGONOO mengajak kamu mengenal lebih dekat siapa Lucy Maud Montgomery itu. Jadi gini, Lucy itu adalah seorang penulis yang lahir di Clifton, 30 November 1874. Dia telah menulis banyak sekali novel, puisi, cerita pendek dan beberapa tulisan lainya seperti yang sudah kita bahas di tulisan sebelumnya. Lucy Maud Montgomery lahir dari pasangan Hugh John Montgomery (ayah) dan Clara Woolner Macneill, ibunya meninggal pada saat Lucy berusia 21 bulan, kemudian LM Montgomery dititip kan oleh ayahnya ke neneknya (orang tua ibunya) di Kanada.


Karena hidup bersama nenek dan kakeknya, Montgomery lebih banyak berteman dengan buku, alam dan imajinasinya, hingga ia senang dengan menulis. Ketika ia berusia sembilan tahun, LM Montgomery mulai menulis puisi dan menulis jurnal. Puisi buatan LM Montgomery yang pertama kali dipublikasikan berjudul “On Cape LeForce”. Puisi tersebut dimuat oleh sebuah koran Prince Edward Island, The Patriot. Pada bulan September 1891.

LM Montgomery kemudian melanjutkan pendidikannya untuk lisensi guru di Prince of Wales College, kemudian ia menyelesaikan kursus yang harusnya dua tahun hanya dalam satu tahun dan lulus dengan nilai terbaik (1893-1894).

Kemudia LM Montgomery mengajar tiga sekolah di Island, Bideford, Belmont, dan Lower Bedeque. Kemudian ia berhenti mengajar karena ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Dalhousie di Halifax, Nova Scotia. Di Universitas tersebut, LM Montgomery mengambil jurusan Sastra Inggris, ia pun lulus dalam waktu satu tahun (1895-1896).

Saat tinggal di Dalhousie, Lucy Maud Montgomery untuk pertamakalinya mendapatkan bayaran sebagai seorang penulis. Selama bertahun-tahun ia menulis berbagai puisi, cerita, novel yang kemudian ia kirim ke berbagai majalah yang ada di Amerika, Kanada dan Inggris, namun hasil tulisannya banyak yang ditolak.

LM Montgomery tidak putus asa, ia terus menulis, hingga akhirnya ia mulai menikmati hasil dari karyanya, ia mulai mendapat bayaran $ 96,88, bahkan pada tahun 1903 penghasilannya meningkat menjadi $ 500, memang nilai itu tidak banyak jika dibandingkan dengan sekarang, tapi nilai itu sudah seratus tahun yang lalu, tentunya sangat besar di kala itu.

Anne of Green Gables adalah judul dari novel pertamanya yang paling terkenal. Novel yang berjudul “Anne of Green Gables” itu ditulis oleh Lucy Montgomery pada tahun 1905, kemudian ia mulai menawarkan ke beberpa perusahaan penerbit, namun sayang, semua penerbit yang ia tawari tidak ada yang menerimanya.

Ia kemudian menyimpan novel karangannya itu di sebuat tempat topi, kemudian ia pun tidak menghiraukan akan novel pertamanya itu, 2 tahun berlalu, pada tahun 1907, ia menemukan kembali novelnya kemudian ia membacanya kembali, dan mencoba mengirimkannya ke beberapa penerbit.

Kali ini usahanya itu membuahkan hasil, Novel yang berjudul “Anne of Green Gables” itu berhasil diterima oleh Perusahaan penerbit Boston, Massachusetts. Novelnya pun diterbitkan pada tahun 1908. tak disangka, Novel yang awalnya banyak ditolak itu ternyata menjadi best seller, saat itu pun menjadi awal sukses bagi LM Montgomery sebagai seorang novelis.

Pada bulan Maret 1911, Montgomery menikah dengan seorang Pendeta bernama Ewan Macdonald, dari pernikahannya, ia dikaruniai 3 orang anak yang bernama, Chester, Hugh, dan Stuart. Namun Hugh meninggal saat masih bayi.

Lucy Maud Montgomery adalah wanita yang sangat peka dan cerdas, berbagai peritiwa yang dialaminya mempengaruhi dirinya secara pribadi dan dunia pada umumnya. Dalam jurnal yang ditulisnya, dia mengungkapkan rasa sakitnya pada saat kematian anaknya bayinya yang bernama Hugh, kengerian Perang Dunia Pertama, kematian sepupunya tercinta yang bernama Frede Campbell, dan penemuan bahwa suaminya menderita melankoli agama.

Namun meski ia mengalami banyak kesedihan dan masalah, Montgomery terus menulis, ia terus mengungkapkan cintanya pada kehidupan, alam, dan keindahan dalam tulisan fiksi, jurnal, dan surat-surat yang ia buat.

Lucy Maud Motgomery meniggal di Toronto, Ontario, pada tanggal 24 april, 1942, sementara suaminya Ewan Macdonald meninggal pada bulan november 1943. LM Montgomery di makamkan di Cavendish, Prince Edward Island, dekat rumah yang ia tinggali semasa kecil.

(Sumber: ketemulagi.com)

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.