New Balance Rancang Model Sepatu Baru Dengan Printer 3D

  • Share

NGONOO.com – Seiring dengan perkembangan teknologi cetak tiga dimensi (printer 3D), berkembang pula berbagai macam benda yang bisa diciptakan dari printer 3D tersebut. Mulai dari mobil, makanan, sampai apartemen semua bisa dibuat pake printer 3D gaes.

Seolah tak ingin ketinggalan jaman dengan memanfaatkan teknologi printer 3D, perusahaan sepatu olahraga ternama New Balance pun berinovasi dengan merancang sepatu lari pertamanya yang dibuat menggunakan printer 3D, hasil kolaborasi bersama 3D Systems.

Sepatu ini terbuat dari DuraForm Flex TPU besutan New Balance yang diklaim berhasil mencapai keseimbangan yang optimal dari fleksibilitas, kekuatan, berat, dan daya tahan.

new balance 3d
Sepatu New Balance rancangan printer 3D

“Untuk memberikan tingkat kinerja dengan komponen 3D, sepatu diuji coba oleh para ahli dan biomekanik dengan para engineer dalam industri plastik, pengembangan material, dan desain generatif. Ini adalah jenis kolaborasi yang akan mendorong desain alas kaki dan manufaktur di masa depan,” kata Sean Murphy, New Balance Senior Manager of Innovation and Engineering.

Dan rencananya gaes, New Balance akan memamerkan sepatu 3D buatannya tersebut di acara CES 2016 pada Januari mendatang, dan akan mulai dijual pada April 2016 di Boston, disusul sejumlah toko New Balance lainnya di seluruh dunia.

New Balance bukanlah perusahaan sepatu olahraga pertama yang mencoba teknologi printer 3D untuk membuat sepatu. Sebelumnya Adidas juga pernah melakukan inovasi serupa untuk mencetak sol dalam sepatu yang sesuai dengan bentuk telapak kaki penggunanya. Sepatu yang diberi label Futurecraft 3D ini didesain khusus untuk mengutamakan kenyamanan para penggunanya karena pastinya sesuai dengan ukuran kaki masing-masing orang ya gaes.

Gimana, tertarik buat nyobain sepatu 3D rancangan New Balance? Atau Futurecraft 3D nya Adidas?

via Ubergizmo

gambar print 3D via Stefano Tinti / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.