Nyari Video di Youtube Kini Bisa Pake Emoji Dengan “Emoji2Video”

NGONOO.com – Bagi bro n sest yang tiap harinya berkomunikasi dengan berbagai macam aplikasi pesan instan pastinya udah ga asing lagi dong sama yang namanya emoji. Yap emoji sendiri biasanya sering digunakan untuk menunjukkan ekspresi-ekspresi tertentu tanpa perlu menggunakan tulisan.

Semakin hari, desain emoji pun semakin berkembang begitu juga dengan fungsinya. Ga cuma sekedar digunakan untuk berkomunikasi di pesan instan dan jejaring sosial aja lho gaes. Kini emoticon ikonik tersebut akan disulap menjadi sebuah metode pencarian baru yang akan digunakan di situs berbagi video YouTube. Wih gimana caranya ya?

emojivideosearch
Emoji2Video via Telegraph

Jadi gini gaes, para peneliti dari University of Amsterdam melihat kebiasaan baru masyarakat yang menggunakan emoji sebagai `bahasa kedua` mereka di dunia maya. Para peneliti pun mengungkapkan, persentase penggunaan emoji bahkan hampir menyamai persentase penggunaan bahasa internet per harinya.

Oleh karena itu, para peneliti tersebut membentuk tim developer yang mengembangkan “Emoji2Video”, sebuah metode interface terbaru yang bisa digunakan para pengguna YouTube untuk mencari video musik hanya dengan menggunakan emoji.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa emoji merupakan salah satu metode yang sesuai digunakan untuk mengeksplor data besar seperti video klip di YouTube. Banyaknya judul video klip di YouTube bisa dipastikan sesuai dengan keakuratan ragam emoji.

“Emoji kami nilai sebagai emoticon yang tak hanya digunakan sebagai bahasa slang internet. Namun, emoji ini bisa menerjemahkan arti dari bahasa, umur dan budaya,” tulis tim peneliti.

Oleh karena itu, hadirnya emoji bisa membantu untuk mempersempit `gap semantik` yang ada antara bahasa Inggris dengan media visual, dan membuatnya menjadi alat untuk mencari sesuatu yang lebih spesifik.

Emoji2Video nantinya bisa digunakan untuk pencarian ke sekitar 46.000 video klip TouTube, yang mana telah digabungkan dengan kombinasi sekitar 385 emoji sesuai dengan konten dan judulnya. Contohnya, kalo bro n sest pengen cari video klip “Bad Blood”nya Taylor Swift, kamu cuma hanya perlu mengetik emoji jarum suntik, atau bisa menambahkan beberapa emoji terkait dengan konten lagu Bad Blood, seperti emoji tengkorak dan wanita. Cukup gampang dan menarik ya gaes Emoji2Video ini 😀

via Telegraph

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *