12 Tips Meningkatkan Kualitas SEO Pada Website ala Dan Clarke

NGONOO.com – SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah istilah penting ketika kita berbicara mengenai dunia digital. Sebuah brand akan lebih mudah ditemukan jika brand tersebut memiliki presence di dunia digital yang kuat. Dalam hal ini SEO memiliki peranan yang sangat penting. Dengan SEO yang baik, konten berkualitas bisa muncul di daftar pencarian Google.

Dan Clarke, Founder dan CEO Disruptient berbicara mengenai strategi SEO yang bisa digunakan pada startup yang sedang kita bangun. Disruptient sendiri adalah SEO dan digital agency ternama yang berpusat di Singapura, memiliki portofolio klien yang tersebar mulai dari Asia hingga ke Timur Tengah. Salah satu klien ternama Dan Clarke adalah Nissan, Adidas, dan Zalora.

Dan Clarke mengkategorikan 12 Tips ini dalam 3 peraturan sederhana, berikut ulasanya:

Hacking the Code

1. Indexing

Kendalikan bagaimana cara Google mengindeks situs yang kita buat. Untuk melakukan hal ini, kita bisa memberitahu Google agar tidak menyalin laman ke server mereka dengan menggunakan tag “NOINDEX”. Selain itu, bisa juga menggunakan file “robots.txt” dan “sitemap.xml”.

Hal ini sangat membantu dalam menyaring laman apa saja yang ingin kita tampilkan pada Google. Jadi, kita bisa menghilangkan laman percobaan, ketika katakanlah kita sedang mengembangkan situs, atau laman-laman khusus yang tidak ingin di publikasikan ke Google.

2. Aksesibilitas

Google mempunyai kesulitan dalam menjalankan Client Side Script seperti JavaScript. Jadi, hindari penggunaan JavaScript yang berlebihan. Selain itu, pastikan konten berada di dalam source code sehingga ketika JavaScript tidak bisa di load, pengguna masih bisa membaca konten yang kita buat.

3. Kecepatan Akses Situs

Situs responsif dengan kecepatan loading akan mempunyai prioritas tinggi dalam hasil pencarian. Selain itu, Google juga akan memberi penalti pada situs-situs yang tidak mobile-friendly dengan menurunkan peringkat situs yang kita miliki.

Content is King

4. Konten Berkualitas Tinggi

Optimasi konten adalah kekuatan utama SEO. Google mengevaluasi sebuah laman situs berdasarkan kualitas konten yang mereka tawarkan bagi pengguna. Kembali lagi, Google ingin hasil pencarian mereka membantu pengguna mendapatkan informasi yang mereka cari.

5. Keyword

Penggunaan keyword merupakan bagian penting dari SEO. Satu peraturan utama adalah cari keyword yang sering dicari oleh pasar.

6. Struktur Konten

Tulislah konten dengan kualitas editorial tinggi. Usahakan konten di dalam sebuah laman mempunyai minimal jumlah 350 kata dengan jumlah maksimal 1.500 kata. Jika terlalu banyak konten berulang-ulang atau konten yang kurang “berisi”, Google akan menganggap bahwa situs kita adalah spam dan kemungkinan akan diberi penalti.

7. Page Elements

Ini adalah poin teknis dalam optimisasi SEO. Ketika kita membangun sebuah situs, pastikan masing-masing URL mempunyai tag HTML seperti Title Tag, Description tag, Header, dan Content. Sebagai tambahan, kita bisa memasukkan canonical tag dan OG tag atau opengraph untuk mengaitkan laman dengan akun sosial media yang kita miliki.

8. Kepadatan Keyword

Gunakan keyword sewajarnya saja. Gunakan rasio keyword yang tepat dan menulis konten dengan tujuan utama memberi informasi kepada orang lain.

9. Duplikasi Konten

Satu konten harus mempunyai satu URL. Jika kita memiliki konten yang sama seperti katakanlah sebuah situs e-commerce dengan berbagai produk serupa, kita bisa menggunakan canonical tags yang bertindak sebagai penunjuk URL.

Getting Linked-in

10. Bangun Tautan ke Dalam

Link dari situs luar bisa dibilang sebagai sebuah vote bagi situs kita di mata Google. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting karena metrik lain bisa dipalsukan, namun penggunaan link ini tidak mudah bahkan mustahil untuk dipalsukan. Link dari situs yang mempunyai ranking tinggi memberi gambaran relevansi dan pentingnya situs yang kita buat.

11. Sumber Link

Tidak semua situs mempunyai nilai link yang sama. Situs dengan reputasi tinggi memiliki “nilai link” yang lebih bagus. Dan mengatakan bahwa jika kita mendapatkan sedikit link dari sumber yang berkualitas, itu lebih bagus daripada mendapatkan banyak link dari situs yang tidak berkualitas.

12. Paid Link

Membeli link adalah hal paling tabu untuk dilakukan. Dan tidak direkomendasikan. Tapi kalau memang harus dilakukan dalam bentuk advertorial atau lainnya, pastikan kita memberi tag “NOFOLLOW” pada link tersebut.

(Sumber via id.techinasia.com)

Gambar: SEO via Shutterstock

Onky

Onky

Total posts created: 1500

2 thoughts on “12 Tips Meningkatkan Kualitas SEO Pada Website ala Dan Clarke”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *