Pixar Tertarik Angkat Cerita Rakyat Indonesia Ke Layar Lebar

NGONOO.com – Bro n sest penggemar film animasi pasti udah ga asing lagi sama Pixar Studio. Yap salah satu studio animasi terbesar di Amerika ini memang jagonya bikin film-film animasi keren seperti Toy Story, Cars, Finding Nemo, Up dan yang terbaru Inside Out.

Dan rupanya Pixar menyatakan ketertarikannya untuk memfilmkan cerita rakyat Indonesia lho gaes. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf usai memberikan buku berjudul Creative Inc yang ditulis Ed Catmull, pendiri Pixar yang ditandatangani Ed Catmull sendiri kepada Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta.

cerita rakyat
kumpulan cerita rakyat Indonesia

Dikutip dari Liputan6.com, Triawan mengungkapkan, pada 29 Oktober lalu ia bersama tim Bekraf berkunjung ke Amerika Serikat dan bertemu perwakilan dari studio Pixar.

“Saya sampaikan kepada Bapak Presiden tentang ketertarikan Pixar Animation Studios yang disampaikan oleh John Lasseter, Chief Creative Officer Walt Disney and Pixar Animation Studios. Mereka tertarik untuk mengeksplorasi dan mengkurasi cerita-cerita rakyat Indonesia untuk diangkat dan diproduksi oleh Pixar,” kata pak Triawan Munaf.

Dari pertemuan tersebut, tim Bekraf melakukan berbagai usaha agar niat tersebut bisa terealisasi. Di antaranya, memilih cerita-cerita rakyat yang dianggap layak untuk diangkat ke film dan kemudian direkomendasikan kepada Pixar.

“Kami kemudian mengkurasi dan mengajukan cerita rakyat Indonesia kepada Pixar dan menentukan langkah selanjutnya. Termasuk untuk melibatkan bukan saja animator Indonesia, tetapi juga dalam penggarapan keseluruhan. Ini penting dalam rangka pembelajaran bagi praktisi animasi dan perfilman Indonesia,” lanjutnya.

Proyek ini dianggap sangat penting oleh Bekraf. Selain mengangkat nama Indonesia di mata dunia, hal ini juga penting untuk industri perfilman Tanah Air.

“Perlu diketahui, setiap produksi film animasi Pixar membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun untuk memproduksinya. Proyek ini penting untuk menempatkan nama Indonesia yang kaya dengan kearifan dan budaya lokal di pentas global,” ungkap ayah dari penyanyi antik Sherina Munaf ini.

Wah kira-kira cerita rakyat Indonesia apa ya gaes yang cocok buat diangkat film animasi oleh Pixar Studio? Cerita Malin Kundang? Roro Jonggrang? atau Tangkuban Perahu? Tapi apapun cerita rakyatnya, pastinya bakal keren banget ya gaes kalo diangkat menjadi film layar lebar oleh studio sekelas Pixar 😀

gambar kartun pixar viaChristian Bertrand / Shutterstock.com

via Liputan6

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

1 thought on “Pixar Tertarik Angkat Cerita Rakyat Indonesia Ke Layar Lebar”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *