Deretan Pertanyaan yang Mungkin Sangat Sulit Dijawab Oleh Calon Pegawai Apple

  • Share

NGONOO.com – Apple adalah sebuah perusahaan Multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California. Banyak produk yang dikembangkan oleh Apple Inc. Seperti kita tahu mac, iPhone, apple watch, apple tv dan masih banyak lagi produk lainya yang dikembangkan oleh Apple. Jumlah karyawannya sendiri ada 115.000 orang (Apple, july:2015). Dikabarkan selama tahun ini saja Apple berhasil merekrut 15.900 orang pegawai wanita dari berbagai negara.

Memang Tidak mudah untuk menjadi pegawai di perusahaan teknologi seperti Google, Apple dan Microsoft. Untuk Apple sendiri, mereka memiliki pertanyaan teknis berdasarkan pengalaman kerja dan pertanyaan berupa teka-teki yang benar-benar bisa membuat kepala kita pusing.

Yuk kita simak langsung pertanyaan yang diajukan Apple kepada calon pegawainya, mana tau kamu adalah orang selanjutnya yang akan bekerja di Apple Inc:

1. Pertanyaan Untuk Calon Software Engineer

Jika Anda memiliki 2 butir telur, dan Anda ingin mencari tahu, manakah lantai tertinggi, yang dari situ Anda bisa menjatuhkan telur tersebut tanpa memecahkannya? Bagaimana Anda akan melakukannya? Apa solusi yang optimal?

Anda memiliki 100 koin yang terletak mendatar di atas meja, masing-masing dengan sisi kepala dan sisi ekor. Sepuluh di antaranya dengan sisi kepala menghadap ke atas, dan 90 lainnya merupakan sisi ekor yang menghadap ke atas. Anda tidak bisa meraba, melihat atau dengan mencari tahu cara lainnya sisi manakah yang menghadap ke atas. Tugas Anda adalah memisahkan koin-koin tersebut sedemikian rupa ke dalam dua susunan, sehingga ada jumlah kepala yang sama di masing-masing tumpukan.

Apakah Anda pernah berselisih pendapat dengan keputusan manajer, dan bagaimana pendekatan Anda terkait perbedaan pendapat tersebut? Berikan contoh spesifik dan jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan perselisihan ini, seperti apa hasil akhirnya, dan bagaimana seseorang akan menggambarkan Anda saat ini?

Mengingat sebuah tipe aplikasi iTunes yang menghasilkan banyak gambar, yang menjadi basi dari waktu ke waktu, strategi apa yang akan Anda gunakan untuk mengatasi gambar-gambar tersebut?

Mengapa Anda ingin bergabung dengan Apple dan apa yang akan Anda lewatkan di tempat kerja Anda saat ini, jika Apple mempekerjakan Anda?

Jelaskan sebuah masalah yang menarik dan bagaimana Anda dapat memecahkannya?

Apakah Anda kreatif? Sesuatu kreatif seperti apa yang dapat Anda pikirkan?

Apa yang membawa Anda kemari (melamar pekerjaan) hari ini?

Apa yang ingin Anda lakukan 5 tahun dari sekarang?

Jelaskan apa yang membuat Anda bergairah?

2. Pertanyaan Untuk Calon Family Room Specialist

Anda tampak cukup berpandangan positif, hal seperti apa yang membuat Anda terpuruk?

Siapa teman terbaik Anda?

3. Pertanyaan Untuk Calon at-home Advisor

Manakah yang lebih penting, memperbaiki masalah pelanggan atau menciptakan pengalaman pelanggan yang baik?

Jelaskan kepada anak berusia 8 tahun apa itu modem/router dan bagaimana modem/router berfungsi?

4. Pertanyaan Untuk Calon Global Supply Manager

Berapa banyak anak-anak dilahirkan setiap hari?

Bagaimana Anda memerinci biaya bolpen ini?

5. Pertanyaan Untuk Calon Senior Software Engineer

Jika kami mempekerjakan Anda, apa yang Anda ingin kerjakan?

Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Work Interview

6. Pertanyaan Untuk Calon Software Quality Assurance Engineer

Ada tiga kotak, satu kotak hanya berisi apel, satu kotak lagi hanya berisi jeruk, dan satu kotak lainnya berisi apel dan jeruk. Ketiga kotak tersebut telah diberi label yang keliru, sehingga tidak ada label yang mengidentifikasi isi sebenarnya dari kotak itu. Dengan hanya membuka satu kotak, dan tanpa melihat ke dalam kotak tersebut, Anda mengambil satu potong buah. Dengan melihat buah itu saja, bagaimana bisa Anda segera melabeli semua kotak tersebut dengan benar?

Bagaimana Anda menguji sebuah pemanggang roti?

Bagaimana Anda menguji aplikasi favorit Anda?

7. Pertanyaan Untuk Calon Specialist

Skenario: Anda sedang berhadapan dengan pelanggan yang marah, yang menunggu bantuan selama 20 menit dan kemudian menyebabkan kegaduhan. Dan ternyata dia mengklaim bahwa dia akan pergi ke Best Buy atau Microsoft Store untuk mendapatkan komputer yang dia inginkan. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Ketika Anda berjalan di Apple Store sebagai seorang pelanggan, apa yang Anda perhatikan tentang toko, atau bagaimana perasaan Anda ketika Anda pertama kali berjalan di toko?

Mengapa Apple mengubah namanya dari Apple Computers Incorporated menjadi Apple Inc?

8. Pertanyaan Untuk Calon Apple Care at-home Consultant

Seorang pria menelepon dan mengatakan bahwa ia memiliki komputer tua yang pada dasarnya adalah telepon seluler berukuran besar, yang berat dan memiliki fungsi terbatas. Apa yang Anda lakukan?

9. Pertanyaan Untuk Calon Build Engineer

Apakah Anda pintar?

10. Pertanyaan Untuk Calon Software Manager

Apakah kegagalan yang pernah Anda alami, dan bagaimana Anda belajar dari kegagalan tersebut?

Work Interview-2

11. Pertanyaan Untuk Mechanical Engineer

Anda menaruh segelas air di atas pemutar piringan hitam dan perlahan-lahan mulai meningkatkan kecepatan pemutar piringan hitam itu. Manakah yang terjadi pertama kali – apakah gelas tidak bergeser, jatuh, atau air memercik keluar?

12. Pertanyaan Untuk Calon Software Engineering Manager

Katakan sesuatu yang telah Anda lakukan dalam hidup Anda, yang sangat Anda banggakan.

13. Pertanyaan Untuk Calon Apple Retail Specialist

Jelaskan sebuah pengalaman rendah hati.

14. Pertanyaan Untuk Calon College at-home Advisor

Tunjukkan (dengan cara bermain peran) bagaimana Anda akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda bersedia untuk membantunya hanya dengan menggunakan suara Anda.

15. Pertanyaan Untuk Calon Lead Analyst

Jika Anda diberi sebuah toples dengan campuran koin yang adil dan tidak adil, dan Anda mengambil satu keping koin dan melemparkan koin itu sebanyak 3 kali, dan mendapatkan urutan kepala, kepala, ekor, bagaimanakah kemungkinan bahwa Anda mengambil koin yang adil atau tidak adil?

16. Pertanyaan Untuk Calon Engineering Project Manager

Apa hari terbaik Anda dalam 4 tahun terakhir? Dan apa hari terburuk Anda?

Gimana? Udah pusing belum? Cara termudah agar kamu tidak pusing adalah dengan tidak membaca artikel ini. Kalau kamu sudah terlanjur membacanya dan bisa menjawab pertanyaan dengan mantap, maka kamu berhak untuk mencoba melamar sebagai pegawai di perusahaan Apple Inc.

Business Insider

Gambar: Kantornya Apple via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.