Ini Dia Robot Manusia Pertama yang Jadi Aktris Film

NGONOO.com – Di film-film robot yang sering kita tonton, biasanya pemeran utamanya adalah manusia, sedangkan karakter robotnya ‘dihidupkan’ dengan berbagai macam efek visual aja gaes. Namun dalam film robot buatan Jepang yang satu ini agak sedikit berbeda. Sang sutradara justru menjadikan robot sungguhan sebagai pemeran utama dalam filmnya.

Robot yang digunakan adalah sebuah robot bernama Geminoid F, didesain dengan wajah perempuan dengan kulit karet dan gerak-gerik layaknya seorang manusia. Geminoid F menjadi aktris dalam sebuah film berjudul ‘Sayonara’, film yang memiliki latar cerita kehidupan pasca bencana nuklir di Jepang.

robot maen film
Geminoid F berperan sebagai Leona via Dailymail

Geminoid F yang berperan sebagai Leona dalam film tersebut dianggap layaknya seorang aktris manusia oleh sang sutradara, Koji Fukada. Ia bahkan mencantumkan nama android cantik itu dalam daftar pemeran dalam kredit akhir film. Hal ini pun menjadikan  Geminoid F sebagai robot pemeran wanita pertama dalam dunia seni peran.

Geminoid F sendiri dibuat oleh Hiroshi Ishiguro, desainer robot dari Universitas Osaka, Jepang. Robot tersebut seharga 144,2 juta yen (Rp 16,8 miliar). Namun android pemeran Leona dibuat seharga 13,7 juta yen (Rp 1,56 miliar), dengan ini Ishiguro berharap mendekatkan teknologi dengan aliran mainstream.

robot main film
Geminoid F berperan sebagai Leona via Dailymail

Sampai saat ini Geminoid F memiliki beberapa kemampuan layaknya manusia seperti bisa tersenyum, mengerutkan dahi, dan menggerakan mulut, berbicara dan bernyanyi, serta memainkan rekaman, dan meniru suara manusia lain. Dan dengan dilengkapi motor penggerak bertenaga tekanan udara, ia juga mampu meniru ekspresi wajah manusia. Dalam film, si robot dikendalikan dari kejauhan dengan laptop.

Profesor Ishiguro sebelumnya juga pernah mendesain sejumlah robot yang serupa dengan manusia, ia bahkan membuat dirinya dalam bentuk robot. Ia menyatakan bahwa suatu hari nanti robot akan sulit dibandingkan dengan manusia.

robot maen film 1
Geminoid F berperan sebagai Leona via Dailymail

Film Sayonara akan ditayangknan perdana di Tokyo International Film Festival. Alur film ini menceritakan tentang sang robot yang tetap loyal kepada pemiliknya (diperankan oleh Bryerly Long) ketika pemerintah melakukan evakuasi besar-besaran pasca bencana nuklir.

Fukada mengungkapkan bekerja dengan robot lebih mudah dari pada mengarahkan manusia, namun sambil tertawa ia mengatakan harus berhati-hati untuk tidak merusak robot– karena biaya perbaikannya bisa mencapai 10 juta yen (Rp. 1,13 milyar).

“Para android tidak mengeluh, tidak lapar, dan tidak harus tidur,” ungkapnya.

Wah kalo gitu jangan-jangan dengan semakin berkembangnya teknologi, lama-lama peran aktor dan aktris pun juga bisa digantikan robot ya gaes? 😀

via Dailymail

gambar robot via Shutterstock

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

2 thoughts on “Ini Dia Robot Manusia Pertama yang Jadi Aktris Film”

  1. Mungkin Geminoid terkenal karna kecerdasannya. Soalnya klo cuman mirip manusia, robot dipakai film, Hollywood sejak 1990 sudah melakukannya. Disebut Animatronic (youtube banyak)..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *