Indonesia Ternyata Pernah Mau Dijadikan Lokasi Syuting Film James Bond Lho

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest penggemar setia film James Bond? Kalo iya, pernah ga sih kebayang kalo syuting film James Bond dilakukan di Indonesia, dengan latar belakang pemandangan alam dan bangunan khas Indonesia. Waah pastinya menarik banget ya gaes.

Nah ternyata, film James Bond dengan seting negara kita tercinta ini pernah akan terwujud lho gaes. Indonesia sendiri pernah dilirik produser film James Bond untuk dijadikan lokasi syuting film James Bond, Tomorrow Never Dies, yang saat itu dibintangi oleh Pierce Brosnan dan Michelle Yeoh. Tapi sayangnya, akibat tak didukung oleh pemerintah Indonesia, peluang menarik jutaan wisatawan domestik dan asing lewat film James Bond sirna begitu saja.

james bond 1
James Bond Tomorrow Never Dies (1997)

Cerita kegagalan Indonesia menjadi tempat syuting film James Bond ini pernah diutarakan oleh sutradara film 3 Srikandi, Iman Brotoseno, dalam tulisan di blognya yang diunggah pada tahun 2007.  Dalam blognya itu, Iman mengatakan pernah dihubungi Nigel Goldsack, seorang teman lamanya yang bekerja di EON Productions, perusahaan produksi film-film James Bond.

“Mereka tertarik untuk membuat film James Bond yang berjudul Tomorrow Never Dies di Indonesia dengan bintang Kanjeng cah bagus Pierce Brosnan yang jatmika. Mak jedug saya terhenyak tersandar di kursi. James Bond? Shooting di Indonesia? Ini bisa menjadi berita hebat. Maka berhubung waktu itu saya masih bekerja pada orang, maka berita ini saya laporkan kepada bos pemilik perusahaan,” tulisnya.

Iman bercerita, serangkaian rapat dengan produser eksekutif Michael G. Wilson yang langsung datang dari London, Inggris pun digelar. Pencarian lokasi syuting sudah pula dilakukan. Rencananya, Kapal Perang Indonesia akan dicat menjadi Her Majesty Ship, kapal perang Inggris, dan berlayar di Selat Sunda dengan latar belakang Gunung Krakatau. Markas tokoh penjahatnya direncanakan berlokasi di gunung-gunung sekitar Tana Toraja atau sekitar candi-candi di Jawa Tengah.

james-bond2
Salah satu adegan di film James Bond Tomorrow Never Dies

“Ingat adegan James Bond meluncur melorot melalui banner dari puncak gedung imperium bisnis si penjahat? Tadinya direncanakan akan memakai Gedung Kota BNI di Jalan Sudirman. Tak ketinggalan James Bond mengendarai BMW canggih ciptaan Mr.Q akan kejar kejaran di seputaran kota tua Jakarta,” ungkap Iman.

Menurut Iman, jika rencana ini terlaksana, para stasiun televisi swasta Indonesia akan bersaing untuk mendapatkan hak liputan eksklusif tentang pembuatan film Tomorrow Never Dies di Indonesia. Selain itu sektor pariwisata di Indonesia pun secara otomatis akan menggeliat. Sebab, promosi pariwisata bisa berjalan pararel dengan media film.

“Thailand menjadi bertambah ramai setelah syuting James Bond, Man with Golden Gun. Menara Petronas menjadi populer ketika The Entrapment—Sean Connery dan Chaterine Zeta Jones—shooting di sana. Kita tak akan pernah tahu eksotisnya Kepulauan Karibia tanpa melalui film-film yang mengambil setting di sana,” tulis Iman.

Namun, sayangnya, pemerintah saat itu ragu dan tidak bisa melihat peluang bagus yang ditawarkan Tomorrow Never Dies. Padahal, tim produksi film James Bond sudah memaparkan bahwa akan menganggarkan uang 70 juta dolar AS untuk pembuatan filmnya di Indonesia untuk biaya perizinan, lokasi, peralatan, artistik, penyerapan tenaga kerja lokal, katering, hotel, kru, sampai pemain figuran.

Yah semoga aja nantinya Indonesia kembali dilirik oleh pihak produksi film James Bond maupun film -film Hollywood lainnya ya gaes, biar keindahan dan pesona Indonesia bisa lebih ter-ekspose ke seluruh dunia 🙂

via Muvila

gambar film slate via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.