Karena Stres Burung Kakaktua Ini Cabuti Bulunya Sendiri Sampai Habis

  • Share

NGONOO.com – Ternyata ga cuma manusia aja yang bisa mengalami stres gaes, hewan pun juga bisa mengalami stres lho. Seperti yang dialami seekor burung kakaktua bernama Hobby. Ia ditemukan oleh regu penyelamat, dengan keadaan yang memprihatinkan, bayangin aja gaes tubuhnya hampir botak seluruhnya.

Saat berada Tallgrass Parrot Sanctuary, penampungan burung di Lawrence, Kansas, kondisi Hobby tampak menyedihkan, tubuhnya bahkan memliki aroma yang tidak sedap dengan bulunya di badannya yang hampir semua botak. Dan usut punya usut, tubuhnya yang botak tersebut akibat Hobby mencabut bulu pada tubuhnya karena merasa stres dan panik sebab tidak pernah diurusi dan diabaikan oleh pemiliknya.

Hobby si kakaktua yang stres via metro.co.uk

Kebiasaan mencabuti bulu bagi burung kakaktua dalam keadaan normal memang dianggap wajar gaes, karena biasanya merupakan bagian dari perawatan mereka. Namun saat depresi mereka bisa mencabuti habis bulu tubuhnya, ya kaya kita manusia lah yang bisa menyakiti dirinya sendiri kalo lagi stres.

Nah untungnya di penampungan, si Hobby segera mendapatkan perhatian. Ia dimandikan dan diperiksa kesehatannya lalu diberi makan pisang dan strawberry. Selain itu, si burung kakaktua betina itu pun diberi nama baru: JaviĀ (yang dibaca ‘Ha-vi’), yang berarti ‘karena tidak ada makhluk yang boleh menjadi sekedar ‘hobi’ untuk seseorang’.

kakaktua stres
Hobby si kakaktua yang stres via metro.co.uk

“Ia semakin percaya diri dan suka mengeksplor wilayah sekitar, selama saya masih dekat dengannya,” kata seorang representatif dari penampungan.

Sampai saat ini belum diketahui kapan bulunya akan tumbuh lagi seperti semula. Namun untuk sementara, penampungan berencana akan merajutkan sweater untuk dipakainya saat musim dingin nanti.

via metro.co.uk

gambar burung kakaktua via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.