Arsip  

Intip Evolusi Wajah Barbie Dari Tahun 1959-2015 Disini

NGONOO.com – Boneka Barbie bisa dibilang adalah boneka yang populer di kalangan anak-anak dan remaja perempuan. Ga heran sih kalo populer, boneka cantik yang selalu tampil modis ini sudah hadir menemani anak-anak perempuan hampir di seluruh dunia sejak tahun 1959. Ya kalo diitung-itung sampai sekarang udah sekitar 56 tahun gitu deh. Wih cukup tua juga ya ternyata si Barbie ini, tapi sosoknya tetep keliatan awet muda terus ya gaes. Nah biar kamu makin kenal dan tau apakah si Barbie ini beneran bisa pusing kaya slogan “pusing pala Barbie”, mendingan kita kenalan dulu yuk sama boneka cantik yang satu ini.

Kisah pembuatan Barbie sendiri berawal dari seorang wanita bernama Ruth Handler yang melihat putri kecilnya yang sedang bermain dengan boneka kertas dan seolah memainkan peran sosok gadis remaja.

Karena pada saat itu boneka yang tersedia di toko-toko hanya boneka replika bayi saja. Kondisi ini pun memicu ide Ruth untuk memproduksi boneka berbentuk tiga dimensi yang tidak hanya berbentuk bayi, melainkan berbentuk figur remaja dengan pakaian modis.

Ruth_Handler_1
Ruth Handler

Ruth pun membawa ide ini ke suaminya Elliot Handler yang bekerja pada perusahaan mainan Mattel. Tapi tanggapan sang suami dan direksi Mattel tidak sesuai dengan keinginan Ruth. Mereka berpendapat memproduksi boneka membutuhkan biaya besar dengan prospek jangka panjang yang tidak terlalu baik.

Namun rupanya tante Ruth tidak mudah menyerah dan tetap teguh dengan idenya. Tekadnya membuat boneka remaja yang modia semakin kuat saat dia mengunjungi Swiss pada pertengahan tahun 1950-an. Di sana, Ruth melihat sebuah boneka Jerman bernama Lilli, yang berbentuk gadis cantik dan terbuat dari plastik keras dengan sepatu indah dan anting-anting serta rambut yang diikat ekor kuda. Lilli dirancang berdasarkan karakter kartun terkenal Jerman, Bild, dan tersedia dalam ukuran tinggi 11 ½ inci dan 7 inci.

lili doll
Bild Lili Doll

Setelah melihat sosok boneka Lilli, konsep Barbie menjadi semakin jelas dalam pikiran Ruth. Dia lalu cuz balik ke Amerika dan terus membujuk dan meyakinkan suaminya dan direksi Mattel untuk mewujudkan idenya. Dan akhirnya berkat kesabaran dan keteguhan Ruth, Barbie akhirnya mulai dirancang oleh teknisi dan insinyur di Mattel. Maka jadilah boneka Barbie pertama yang dibuat gaes.

Nama Barbie sendiri diambil dari putri Ruth yang bernama Barbara. Boneka ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American Toy Fair di New York City. Nah saat diluncurkan, Barbie memakai kostum baju renang bergaris seperti zebra yang dijahit tangan oleh pekerja rumahan Jepang.

Saat di pameran, Barbie tak langsung mendapat sambutan hangat. Para pembuat mainan yang baru pertama kali melihat boneka dengan ukuran begitu kecil dan berbeda dengan boneka lain yang telah ada di pasaran memandangnya dengan skeptis. Tapi tentu aja Ruth Handler tidak menyerah. Dalam benaknya, Ruth udah punya rencana apa yang akan dilakukan selenjutnya.

barbie pertama
Barbie pertama

Dia pun mencoba memperkenalkan Barbie kepada seluruh anak di Amerika. Untuk itu, dia membuat iklan televisi menarik untuk memperkenalkan Barbie. Strategi pemasaran yang tepat segera membuat penjualan Barbie melonjak pesat. Boneka Barbie edisi pertama dijual seharga 3 dollar dan terjual 350.000 buah pada tahun pertama.

Namun perusahaan pembuat boneka Lili merasa Mattel telah meniru produknya. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut pada tahun 1964, Mattel membeli hak cipta untuk boneka Lilli seharga $21,600. Dan produksi boneka Lilli pun dihentikan.

Setelah itu Barbie pun jadi salah satu boneka paling laris di dunia. Dan karena telah melewati waktu lebih dari setengah abad membuat banyak perubahan yang terjadi pada penampilan si cantik Barbie. Penasaran seperti apa perubahan-perubahan yang terjadi pada boneka yang telah terjual lebih dari 1 miliar buah ini? Langsung intip fotonya berikut ini.

barbie1

barbie3

barbie4

barbie5

barbie6barbie

via Boredpanda

gambar Barbie yang palanya ga pusing via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.