5 Makanan Khas Cirebon yang Perlu Dicoba! Asli Bikin Pengen

  • Share

NGONOO.com – Ada yang orang Cirebon? Apa yang kalian ingat pertama kali ketika mendengar kabupaten Cirebon? Ada sesuatu yang menarik disana. ­čśÇ Sesuatu apa min? Makanan! Ya, kali ini kita akan bahas makanan enak asal Cirebon, buat yang belum pernah ke Cirebon dan belum pernah makan makanannya, pasti kalian akan langsung ngiler ketika denger nama makanan ini.

Empal Gentong

Empal Gentong

Makanan khas Cirebon ini mirip dengan soto atau gule daging. Tapi yang membedakannya adalah proses pengolahannya yang menggunakan gentong besar dari tanah liat, dimasak di atas api dari kayu bakar.

Empal gentong ada dua jenis, yaitu empal gentong dengan kuah santan dan taburan kucai dan Empal asem dengan kuah bening, penambahan belimbing wuluh memberikan cita rasa asam pada empal asem ala Cirebon ini.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan yang terdiri dari tahu goreng yang diiris tipis dimakan dengan kuah kecap manis bersambal pedas dengan campuran bawang putih dan bawang merah.

Docang

Docang

Meski makanan khas Cirebon ini tidak terlalu terkenal dibanding empal gentong atau nasi jamblang, tapi kamu harus coba makanan ini ketika sedang berada di cirebon.

Docang yang berasal dari bahasa Cirebon ini, diambil dari dua kata yaitu Bodo (baceman) yang terbuat dari oncom dan kacang hijau yang dijadikan toge. Docang terbuat dari lontong yang diiris-iris kecil, ditaburi parutan kelapa muda, irisan daun singkong dicampur dengan toge yang telah direbus. Kemudian disiram kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang dihancurkan, sehingga mengapung di bagian atas kuah. Docong sangat sangat nikmat ketika masih panas.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Ada kemiripian nasi jamblang dengan nasi kucing yaitu ukuran nasi yang porsi sama kecilnya. Nasi jamblang memang kuliner lokas Cirebon. Tepatnya makanan khas Desa Jampang, Kabupaten Cirebon.

Nasi jamblang masuk dalam 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia atau IKTI. Biasanya nasi jamblang disajikan dengan menggunakan daun jati sebagai alas piring. Ini yang membuat nasi jamblang beraroma dan lebih sedap. Lauk pendampingnya terdiri dari tahu sayur, ikan asin, sate kentang, tempe, dan prekedel. Atau kamu bisa memilih lauk apa sesuai selera.

Sate Kalong (Kerbau)

Sate Kalong

Namanya sate kalong, tapi sate khas Cirebon ini bukan dari daging kalong. Disebut sate kalong, karena sejak lama, sate ini hanya dijual pada malam hari.

Sate kalong dibuat dari daging kerbau. Keistimewaan sata kalong adalah, sate diguyur dari kaldu air rebusan daging kerbau yang sudah dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Selain itu, bumbu kacang yang dicampur dengan oncom membuat sate kalong ini menjadi lebih gurih.

(Sumber: Beritagar.id)

Gambar: Ilustrasi makanan asal Cirebon  via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.