7 Hal Aneh yang Biasanya Terjadi dan Dirasain Pas Lagi Tidur

NGONOO.com – Hayioo.. kalian pasti pernah melakukan hal aneh saat tidur? ngakuu… hal ini pasti jarang kamu sadari, kalau kamu penasaran dengan apa yang kamu lakuin ketika sedang tidur, coba letakkan cctv disetiap sudut ruangan kamarmu, hal yang sebenarnya tidak penting tapi bikin penasaran.

Kita juga tau bahwa Tidur merupakan hal yang biasa-biasa saja. Tapi, beberapa orang sering mengalami perilaku aneh yang membuatnya merasa bingung dan panik. Apabila seperti itu tak perlu khawatir karena itu adalah normal. Berikut 7 hal yang paling gila yang bisa terjadi saat kita sedang tidur

1. Ngrasa Jatuh dari Ketinggian

Jatuh dari Ketinggian

Ini dikenal dengan hypnagogic jerk dan cenderung terjadi karena kamu tertidur lelap. Menurut Penasihat Tidur MensHealth, W. Christopher Winter, M.D., hypnagogic jerks bisa membuat orang seperti mimpi jatuh dari tebing, jatuh dari langit, atau tersandung. Mengapa jatuh? “Ini lebih mungkin terjadi ketika Anda lelah, kurang tidur, atau stres,” kata Dr Winter.

2. Tidur Lumpuh

Tidur Lumpuh

Artinya gini, ketika kita mulai bangun di pagi hari dan kita sadar saat itu kita tidak bisa bisa menggerakkan otot-otot atau berbicara. Ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit dan itu benar-benar menakutkan.

3. Tidur Berjalan

Kebanyakan perilaku tidur tak berbahaya. Tapi, untuk tidur yang satu ini bisa menjadi bahaya karena kamu tidur sambil berjalan, meninggalkan rumah, dan lebih parahnya lagi kamu tidur sambil berkendara.

4. Tidur Berbicara

Tidur Berbicara

Menurut American Academy of Sleep Medicine, sekitar 5 persen orang dewasa berbicara saat tidur. Sebagian besar sesi berbicara ini berlangsung hanya 30 detik.

“Sering terjadi dalam satu jam pertama atau dua jam dari tidur, ketika tubuh kita sedang memasuki tahap tidur nyenyak, tapi masih ada otot yang cukup menghasilkan suara atau gerakan yang bisa menyertai mimpi,” Dr Winter.

5. Mimpi Berulang

Mimpi Berulang

Bermimpi merupakan cara otak untuk memilah hal-hal yang dibutuhkan untuk mengevaluasi dan memproses sebelum menjadi kenangan, Mimpi berulang mungkin menjadi masalah psikologis yang belum terselesaikan di otak kita yang masih berusaha untuk memilah-milah.

6. Sindrom Kepala Meledak

Sindrom

Ini hanya namanya yang aneh. Sindrom biasanya dirasakan oleh orang yang tiba-tiba bangun setelah mendengar suara keras seperti ledakan, kilatan cahaya, atau perasaan kepala meledak. Sindrom ini merupakan jenis dari hypnagogic jerk yang mirip seperti perasaan mau jatuh.

7. Seks Tidur

Ngimpi enak

University Health Network, Toronto, telah melakukan penelitian pada 800 pasien lebih di pusat gangguan tidur dan telah menemukan, sekitar 8% pasien melaporkan mengalami insiden sexsomnia, yakni memulai hubungan seks dengan pasangan saat tidur.

(sumber: liputan6.com)

Gambar: Cewek lagi tidur via Shutterstock

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.