16 Tips Keren Seputar Dapur dan Masak Memasak yang Perlu Kita Ketahui

NGONOO.com – Haii, ada yang suka dengan urusan dapur dan masak memasak? Pas banget kali ini kita akan kasih tips buat Ibu-ibu, Mbak-mbak, Mas-mas dan Bapak-bapak yang memiliki hobi masak. Sudah tau belum tentang hal sederhana yang mengganggu tapi sering kita lakukan saat di dapur?

Hal sederhana ap min? Berikut ini 16 hal yang bisa membuat hidupmu lebih bermakna saat sedang berada di dapur:

1. Cara Mengupas Telur Rebus yang Masih Panas

Agar telur rebus tidak susah dikupas saat masih panas, kita bisa celupkan kedalam air es. Setelah itu kita bisa dengan mudah mengupas cangkang telur yang panas tadi.

2. Tusuk atau Lukai Cabe

Agar cabe tidak meletup-letup saat digoreng, kita bisa tusuk atau lukai sedikit cabe dengan pisau sebelum digoreng.

3. Membilas Sayur dengan Garam

Saat mencuci kangkung, arnong/selada air atau genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa saat bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong disitu lintah, keong, ulat dan cacing air. Brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula menggunakan cara ini.

4. Cuci Bersih Tahu dan Siram dengan Air Panas

Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas. Jika tahu adalah kualitas baik maka bisa bertahan selama 1 minggu.

5. Mengetahui Telur Busuk atau Tidak

Untuk mengetahui telur busuk atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air itu tandanya telur sudah busuk.

6. Stabilkan Suhu Pada Telur yang Akan di Buat Kue

Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang/stabil, jangan dalam keadaan dingin, karena hal ini bisa membuat adonan tidak mengembang.

7. Jangan Simpan Sayur di Kulkas Menggunakan Plastik Kresek

Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunak tas plastik kresek, tapi gunakan koran atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

8. Menetralisir Bau Dalam Kulkas

Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

9. Gunakan Wajan Khusus untuk Menggoreng Ikan

Agar ikan tidak lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikan yang digoreng akan lengket dan hancur ketika dibalik.

10. Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabe atau Sambal

Untuk menghilangkan rasa panas ditangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal, bisa dilakukan dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian di lap, dan masukkan tangan kedalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan akan hilang.

11. Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang

Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan cara ini kita bisa menghindarkan mata dari rasa pedih.

12. Menghilangkan Kutu Beras

Agar beras tidak dirubungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi, Dalam beberapa saat kutu akan keluar dan tidak akan kembali lagi.

13. Membersihkan Peralatan Masak yang Kotor Karena Kunyit

Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda bisa diulang lagi.

14. Memasak Daun Kates Supaya Tidak Pahit

Agar kembang kates, daun kates dan pare tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi, sebaiknya di rebus bersamaan dengan daun jambu biji (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu sampai kurang lebih 5 menit, masukkan kembang, daunkates, pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera.

15. Agar Tempe Tidak Mudah Busuk

Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan tempe didekat garam.

16. Cara Menyimpan Daging di Freezer

Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiapkali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah, sehingga ketika akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja.

 

Gambar: Lagi ngiris tomat via Shutterstock

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *