Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

NGONOO.com – Setelah mengumpulkan fosil selama 20 tahun, akhirnya sekelompok ilmuwan paleontologi berhasil mengidentifikasi spesies dinosaurus baru yang diberi nama Highland Giant atau ‘raksasa dataran tinggi’.

Fosil-fosil berupa separuh tulang paha ini awalnya ditemukan di daerah Afrika Selatan yang kemudian direkonstruksi para ilmuwan. Dan menurut para ilmuwan, dinosaurus raksasa ini diperkirakan memiliki berat mencapai 14 ton.

dinosaurus raksasa
Perbandingan ukuran Highland Giant dengan dinosaurus lain dan juga dengan manusia

Highland Giant ini diperkirakan berasal dari kelompok dinosaurus Sauropoda dan memiki karateristik kepala kecil, leher panjang, ekor panjang, dan cara jalan seperti seekor gajah.

“Ukuran dinosaurus ini seperti berat dua gajah Afrika,” kata Jonah Choiniere yang memimpin tim penggalian di Afrika Selatan bersama Evolutionary Studies Institute.

Dinosaurus ini diperkirakan hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu, dekat dengan daerah sungai kecil bernama Caledon, yang kini terletak di perbatasan Afrika Selatan dan Lesotho.

Fosil pertama ‘raksasa dataran tinggi’ ini ditemukan sekitar 20 tahun lalu ketika dilakukan sebuah rekonstruksi bendungan dari Lesotho Highlands Water Project. Fosil ini melekat pada sebuah batu yang terletak pada sebuah tebing dengan ketinggian 20 meter.

Hasil identifikasi fosil ‘raksasa dataran tinggi’ ini baru saja diumumkan pada World Science Day di University of the Witwatersrand pada Selasa (9/11) lalu.

Dinosaurus ini adalah penemuan signifikan kedua pada tahun ini yang berhasil dilakukan oleh tim Evolutionary Studies Institute, setelah sebelumnya pada bulan September 2015 berhasil mengidentifikasi fosil Homo naledi, fosil yang diklaim sebagai ‘saudara dekat’ manusia.

Choiniere bersama tim penggalian akan terus meneliti fosil-fosil ‘raksasa dataran tinggi’ yang telah ditemukan untuk memastikan apakah dinosaurus ini berjalan dengan dua atau empat kaki.

via The Guardian

gambar dinosaurus via Shutterstock

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *