Facebook Akan Buat ‘Alat Teleportasi’

NGONOO.com – Keberadaan alat teleportasi yang sering kita lihat di film-film fiksi ilmiah sepertinya akan segera menjadi kenyataan gaes. Facebook sebagai salah satu perusahaan jejaring sosial raksasa ingin merealisasikan alat teleportasi pada tahun 2025 mendatang. Tapi mungkin alat menembus ruang dan waktu yang akan dibuat Facebook ini bukan seperti yang ada di film-film fiksi ilmiah.

“Facebook ingin membuat sebuah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk berada di mana pun mereka inginkan bersama dengan siapapun yang mereka inginkan, terlepas dari kendala batas geografis,” jelas Mike Schroepfer, Chief Technical Officer Facebook pada acara Dublin Web Summit.

Oculus Rift
Oculus Rift via the Guardian

‘Alat teleportasi’ yang akan dikembangkan Facebook ini akan menggunakan teknologi dari perangkat Oculus VR yang telah diakuisisi tahun lalu. Pengguna nantinya akan memakai perangkat ini dan bisa menciptakan dunia virtual sendiri di dalam benak mereka.

“Adalah suatu hal yang luar biasa ketika melihat seberapa cepat otak kita berpikir bahwa kita sedang berada bersama dengan orang lain,” kata Schroepfer.

“Dalam pembuatan demo ini dibutuhkan keahlian dalam daya penglihatan komputer, desain sensor terbaru, teknik mesin, teknik elektro, psikologi persepsi, pembelajaran mesin, pempropgraman, serta animasi wajah,” tambahnya.

Perangkat ini nantinya dibuat khusus untuk bisa memperdaya indera manusia sehingga bisa merasakan seolah-olah apa yang mereka bayangkan itu menjadi nyata. Dengan pengatur dari Oculus Touch yang akan segera diluncurkan tahun depan, pengguna Facebook bisa melakukan gerakan untuk berinteraksi dengan objek yang ada pada dunia virtual.

Oculus juga sedang melakukan percobaan untuk mengkombinasikan sensor tekanan pada perangkat Oculus Rift dengan kamera untuk menangkap ekspresi wajah seseorang. Hal ini ditujukan agar nantinya mimik wajah avatar pada VR atau realitas virtual dapat disesuaikan dengan mimik pengguna pada dunia nyata.

Sampai saat ini Facebook masih terus melakukan pengembangan untuk mewujudkan mimpinya dalam merealisasikan ‘alat teleportasi’ untuk masa mendatang. Wiih kalo udah jadi pastinya bakal keren banget ya gaes 😀

via CNN

gambar teleportasi via Shutterstock

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

2 thoughts on “Facebook Akan Buat ‘Alat Teleportasi’”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *