Arsip  

Resmi: Inilah 5 Kandidat Presiden FIFA Yang Akan Bersaing Tahun Depan

NGONOO.comFederasi sepak bola tertinggi dunia (FIFA) baru saja merilis nama-nama sebagai kandidat resmi dalam pemilihan Presiden tahun depan. Dari 7 nama yang mencalonkan bulan lalu, kini hanya tersisa 5 nama yang berhasil lolos dari tes integritas dan siap bersaing untuk menggantikan Sepp Blatter.

Nama yang gagal adalah Musa Hassan Bility. Presiden persatuan sepak Liberia gagal menjalani serangkaian tes integritas yang dilakuakn oleh FIFA, tes integritas itu sendiri untuk memeriksa adanya pelanggaran hak asasi manusia dan potensi aksi pelanggaran hukum seperti suap dan pengaturan pertandingan kepada calon presiden.

Michel Platini via uefa
Michel Platini via uefa

Nama lainnya yaitu Michel Platini. Legenda sepak bola Perancis ini sebenarnya bukan gagal ataupun dicoret dari pencalonan, melainkan dikesampingkan untuk sementara. Presiden UEFA tersebut kini tengah menjalani masa skorsing dari FIFA karena dianggap terlibat dalam kasus korupsi yang dilakuakn Sepp Bletter.

Platini bisa masuk kembali sebagai calon potensial pengganti Bletter setelah masa skorsing yang 90 hari itu berakhir. Sejatinya, Platini adalah calon kuat pengganti Bletter yang tersandung kasus korupsi, namun setelah dirinya menerima sejumlah uang pria beruisa 60 tahun itu diragukan.

Berikut nama-nama resmi yang bakal bersaing di pemilihan Presiden FIFA tahun depan:

  1. Pangeran Ali Al Hussein
  2. Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa
  3. Jerome Champagne
  4. Gianni Infantino
  5. Tokyo Sexwale.

Untuk pemilihan Presiden FIFA akan berlansung pada bulan Februari 2016 di markas FIFA.

 

Gambar: FIFA via Ugis Riba / Shutterstock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.