Cowok Wajib Baca: Fakta Unik Tentang Sperma Pria

  • Share

NGONOO.com – Ini bukan ngeres ya gais, jangan terburu-buru untuk mengambil kesimpulan tentang “sperma”. Ini pelajaran buat kamu dan aku, buat masa depan kita. Banyak mitos yang beredar tentang sperma, ada yang bilang mandi dengan air hangat bisa mengurangi kualitas sperma. Mengkonsumsi nanas bisa membuat aroma┬ásperma menjadi lebih wangi, ada juga wanita yang katanya alergi terhadap sperma. Jadi mana yang bener dan mana yang bisa kita percaya?

Daripada saling melempar dadu untuk mencari tahu kebenaranya, berikut NGONOO persembahkan fakta unik tentang sperma yang dikutip melalui laman womenshealthandfitness.com.au:

Sperma Bergerak Cepat Setelah Keluar dari Tubuh Pria

Sperma bergerak cepat

Ini benar. Momen pertama ejakulasi mengandung sperma dengan konsentrasi yang paling tinggi, kata urolog Harry Fisch, M.D., profesor terapi kesuburan di Weill Medical College of Cornell University.

Sperma Bisa Hidup Lebih Lama Didalam Tubuh Wanita

Sperma bisa hidup lebih lama

Biasanya sperma dapat hidup selama 48 jam di dalam tubuh wanita, setelah berhubungan seks. Dan sperma tetap ada di tubuh wanita selama lima hingga tujuh hari, tergantung seberapa bersahabatnya cairan serviks wanita. Menariknya, cairan serviks akan melindungi sperma untuk hidup lebih lama di sekitar waktu ovulasi, di saat wanita mencapai puncak kesuburannya.

Seringnya Berhubungan Sex Suami Istri Tidak Menurunkan Jumlah Sperma Pria

Sering Berhubungan Sex

Kebanyakan pria selalu punya simpanan sperma yang cukup banyak untuk dikeluarkan, kata ahli endokrin reproduktif Carrie Wambach, M.D., dari Southern California Reproductive Center di Los Angeles. Ini artinya, sering ejakulasi memang dapat menurunkan volume sperma yang keluar. Tapi pada pria normal, sperma akan terus diproduksi di dalam tubuh mereka dalam jumlah yang tidak terbatas.

Suhu Bisa Mempengaruhi Jumlah Sperma Pria

Ternyata, jumlah sperma berfluktuasi sesuai suhu. “Jumlah sperma cenderung rendah di suhu panas dan tertinggi di suhu dingin,” kata Fisch, karena paparan panas dapat mengurangi jumlah sperma. Yang dimaksud suhu panas di sini bukan hanya menyangkut cuaca tapi juga termasuk memangku laptop di pangkuan atau mandi air panas.

Sauna yang bisa mencapai 40 derajat Celcius bisa menurunkan jumlah sperma secara drastis. Bahkan, efek temperatur ekstrim ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Anda yang sedang dalam program ingin punya bayi, tidak dianjurkan mandi air panas atau mendekatkan organ vital Anda ke bend-benda bersuhu panas.

Nanas Belum Teruji Bisa Membuat Aroma Sperma Jadi Lebih Harum

Nanas

Sayangnya, belum ada ilmuwan yang terpikir untuk menguji apakah benar sperma bisa berbau harum jika pria memakan nanas. Sperma mengandung fruktosa (sejenis gula yang ada di dalam buah-buahan). Tapi apakah makanan yang diasup pria bisa memengaruhi aroma dan rasa sperma? Belum ada penelitian ilmiah yang mengarah ke sana.

Jarang Sekali Ada Wanita yang Alergi dengan Sperma

Alergi Sperma

Memang ada wanita yang alergi terhadap sperma. Paparan sperma dapat membuat area vaginanya meradang dan kemerahan. Tapi, ini kasus yang sangat jarang sekali terjadi.

“Jika menemui kasus seperti itu, yang pertama kali saya periksa adalah kemungkinan adanya infeksi jamur,” kata Fisch. Jika Anda alergi sperma, pemakaian kondom akan dapat membantu mencegahnya.

Kesehatan Pria Mempengaruhi Kualitas Spermanya

Kesehatan Pria

“Kondisi sperma paling sehat adalah saat pria berusia di bawah 40 tahun. Dan akan lebih sehat lagi jika pria itu tidak merokok, tidak minum alkohol, obat-obatan, menerapkan pola makan sehat dan jauh dari paparan polusi,” kata Wambach.

Itu tadi Fakta menarik mengenai sperma pria, jadi buat kamu para pria jangan lupa bahagia, karena dengan bahagia kualitas spermamu bisa menjadi lebih baik. Dan yang paling penting jangan lupa menikah! ­čśÇ

Gambar: Sperm via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.