4 Operasi Plastik Pertama di Dunia, Mulai dari Operasi Wajah Hingga Operasi Kelamin

  • Share

NGONOO.com – Bisa dibilang operasi plastik merupakan salah satu kemajuan teknologi di bidang kedokteran. Sebenarnya, istilah operasi plastik hanyalah istilah untuk orang awam, sedangkan jika di dalam dunia medis, operasi plastik disebut dengan istilah bedah plastik atau bahasa kerennya adalah plastic surgery. Nah, ngomongin soal bedah plastik alias operasi plastik, kalian tau gak apa saja 4 operasi plastik pertama di dunia? Kalau belum tau tenang aja gais, ini kami kasih informasinya buat kalian.

1. Willie Vicarage

Willie Vicarage via Tumblr
Willie Vicarage via Tumblr

Willie merupakan orang pertama di dunia yang melakukan operasi plastik secara besar. Dia terpaksa harsu melakukan operasi plastik karena mengalami luka yang sangat parah saat mengikuti perang Jutland tahun 1916 silam. Akibat perang tersebut, wajah bagian bawah Willie rusak parah, sehingga dia harus dioperasi dengan metode ‘tubed pedicle‘. Kerennya nih gais, pada saat Willie dioperasi, saat itu belum ada yang namanya antibiotik, sehingga untuk menyembuhkan jaringan yang ada sangat sulit untuk dilakukan. Namun, meskipun begitu, operasi yang dilakukan ternyata berjalan lancar dan wajah Willie bisa kembali terlihat normal lagi.

2. Wiliam M. Spreckley

Wiliam M. Spreckley via squarespace
Wiliam M. Spreckley via squarespace

Mau tau siapa pria pertama yang hidungnya dioperasi plastik? Jawabannya adalah Wiliam M. Spreckley gais. Wiliam merupakan seorang tentara perang dunia pertama, dan dia terpaksa harus dioperasi hidungnya karena dulu hidungnya kena tembak gitu. Ngeri ya? Dokter yang dulu bertanggungjawab untuk mengoperasi wiliam pada tahun 1917 adalah Dr. Harold Gillies. Waktu yang dibutuhkan agar hidung Wiliam bisa terlihat “normal” lagi mencapai 3 tahun gais.

3. Mademoiselle Geoffre

Tanggal 17 Februari 1926 silam, salah seorang model cewek bernama Mademoiselle Geoffre melakukan operasi sedot lemak pertama di dunia. Dokter yang bertugas untuk melakukan sedot lemak adalah dokter asal Prancis, yaitu Charles Dujarier. Alasan Geoffre melakukan operasi sedot lemak adalah agar tungkai kakinya terlihat makin kece gitu gais. Tapi nahas, operasi tersebut ternyata gagal dan mengakibatkan kaki Geoffre harus diamputasi. Sang dokter juga terkena hukuman denda sebesar kurang lebih 2 miliar dan harus dipenjara. Merasa tidak puas dengan operasi pertama, Geoffre memutuskan untuk melakukan operasi sedot lemak yang kedua. Tapi sayang, operasinya gagal lagi dan akhirnya Geoffre meninggal dunia. Kasihan ya?

4. Michael Dillon

Michael Dillon via Gendercentre
Michael Dillon via Gendercentre

Sebelum menjadi seorang cowok, Michael Dillon dulunya adalah seorang cewek bernama Laura Maud Dillon. Cowok yang aslina cewek ini merasa jika dia sebenarnya adalah cowok, dan akhirnya Dillon memutuskan untuk melakukan phalloplasty atau operasi penambahan penis. Bahkan, sejak tahun 1939 Dillon sudah mulai melakukan perawatan hormon agar dia tidak berdarah-darah alias menstruasi lagi. Wah, aneh-aneh aja ya. Total, Dillon melakukan operasi hingga sebanyak 13 kali, dan akhirnya dia berhasil menjadi cowok “seutuhnya” serta mendapatkan pengakuan sebagai seorang cowok.

via National Geographic

Gambar : Cewek Mau Dioperasi Plastik via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.