Arti Warna-Warna Lightsaber Star Wars yang Kamu Harus Tau

  • Share

NGONOO.com – Di penghujung tahun 2015 ini ada satu film yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar setia franchise film fiksi fantasi Star Wars. Apalagi kalo bukan rilisnya sekuel terbaru Star Wars: The Force Awakens. Yap Star Wars memang salah satu franchise film yang memiliki basis penggemar setia yang cukup banyak di seluruh dunia.

Ga heran sih gaes kalo Star Wars punya banyak penggemar, selain memiliki jalan cerita yang menarik, film yang menyajikan perang berlatar luar angkasa ini udah 40 tahun hadir di tengah-tengah para penikmat film. Saking melegendanya, sampai-sampai segala sesuatu yang berkaitan dengan film ini pun menjadi sorotan, salah satunya ya senjatanya yang ikonik, lightsaber. Senjata berbentuk seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 30 sentimeter dengan sebuah tombol. Bila tombol ini ditekan maka senjata ini akan mengeluarkan energi berbentuk cahaya berwarna tertentu sepanjang 1 meter.

Nah bro n sest penggemar Star Wars pastinya udah tau dong kalo di Star Wars itu ada empat macam warna lightsaber. Secara umum, kaum ksatria dari sisi terang Jedi menggunakan menggunakan lightsaber biru dan hijau, kecuali tokoh Mace Windu (Star Wars Episode III: Revenge of the Sith) memakai lightsaber ungu. Dan sebaliknya, kaum sisi gelap atau sisi jahat The Sith menggunakan lightsaber berwarna merah. Warna-warna itulah yang sudah pernah muncul dari enam film Star Wars yang sudah dirilis di layar lebar.

Tapi ternyata kalo diulik-ulik lagi dari berbagai novel, komik dan game Star Wars, ternyata total ada sepuluh warna lightsaber di dunia Star Wars lho gaes. Dan masing-masing dari warna lightsaber itu punya maknanya sendiri.

Nah sebelum bro n sest bersiap-siap nonton film terbaru Star Wars: The Force Awakens pertengahan Desember ini, yuk simak dulu makna masing-masing warna lightsaber yang mungkin kamu belum tau sebelumnya. Cekidot 😀

1. Lightsaber Merah

darth-vader

Merah mewakili kekuatan dan kejahatan. Lightsaber warna ini digunakan oleh Sith dan Dark Jedi seperti Darth Vader, Darth Sidious, Darth Maul dan Kylo Ren. Digambarkan bahwa senjata ini memiliki kekuatan dari kristal sintetis.

2. Lightsaber Bronze

lowbacca

Bronze mewakili kekuatan fisik. Lightsaber ini digunakan oleh Lowbacca, ksatria Jedi dari ras Wookie yang muncul di beberapa seri novel kisah sampingan Star Wars.

3. Lightsaber Biru

Masterobiwan

Biru mewakili keadilan dan proteksi. Lightsaber warna ini pernah digunakan oleh Obi Wan Kenobi dan Anakin Skywalker, Mereka bertarung untuk kebenaran.

4. Lightsaber Kuning

yaraelpoof

Kuning berwarna penuh dengan intrik dan pencarian. Menurut panduan karakter dunia Star Wars, lightsaber warna ini pernah digunakan oleh ksatria Jedi seperti Yarael Poof dan Plo Koon. Aktivitas mereka akrab dengan dunia spionase.

5. Lightsaber Jingga

Yaddles_lightsaber

Pemilik lightsaber ini suka bernegosiasi. Menurut catatan karakter Star Wars, yang biasa memakainya adalah tokoh Yaddle, sosok ksatria Jedi wanita yang berasal dari ras yang sama dengan Master Yoda.

6. Lightsaber Hitam

Vizsla_darksaber

Walaupun belum muncul dalam filmnya, lightsaber ini digunakan oleh karakter Pre Vizsla dalam seri animasi Clone Wars, yang memiliki obsesi pada diri sendiri. Lightsaber ini juga sering disebut darksaber.

7. Lightsaber Emas

lightsaber

Lightsaber ini menunjukkan kekuatan di sisi kebenaran. Warna ini sangat jarang dan hanya digunakan oleh orang yang benar-benar ahli bertarung. Warna lightsaber ini digunakan oleh Qu Rahn, tokoh yang muncul di beberapa seri video game dan novel Star Wars.

8. Lightsaber Hijau

Qui

Lightsaber berwarna hijau dipakai oleh ksatria Jedi (Luke Skywalker, Yoda, dan Qui-Gon Jinn). Pemakainya digambarkan sebagai orang yang lebih suka bernegosiasi dan meditasi daripada bertempur, tetapi memiliki kemampuan bertempur yang kuat. Warna hijau ini mewakili perdamaian melalui pertempuran, ketika itu dibutuhkan.

9. Lightsaber Perak

Master_Tera_Sinube

Lightsaber warna ini menunjukkan ketenangan dan kejelasan. Karakter yang pernah memakai warna ini adalah Tera Sinube, tokoh ksatria Jedi dalam serial animasi Clone Wars.

10. Lightsaber Ungu

lightsaber ungu

Lightsaber ungu digunakan oleh Mace Windu dan Mara Jade Skywalker. Warna ungu ini mewakili moral yang ambigu. Atau bisa diterjemahkan memiliki dua sisi, blue (kebaikan) dan merah (jahat).

via Muvila

gambar lego star wars pake lightsaber via Levent Konuk / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.