5 Cara Penularan Virus HIV/AIDS yang Perlu Kita Ketahui

  • Share

NGONOO.com – Kita tahu belum ada obat untuk HIV, tapi ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan virus ini. Pengobatan bisa membuat orang yang terinfeksi untuk hidup lebih lama sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih normal.

Di Indonesia sendiri faktor penyebab dan penyebaran virus HIV/AIDS terbesar ialah melalui hubungan seks yang tidak aman dan bergantian jarum suntik saat menggunakan narkotika.

Dengan diagnosis HIV dini dan penanganan yang efektif, pengidap HIV tidak akan berubah menjadi AIDS. AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Gimana dan dengan cara apa lagi HIV/AIDS itu bisa menular? Berikut pemaparanya:

1. Hubungan Seks Tanpa Alat Pengaman/Kondom

2. Berbagi Alat Suntik dengan Orang yang positif Mengidap HIV, Terutama di Kalangan Pengguna Narkotika Suntik

3. Ibu Hamil Positif HIV Kepada Bayinya Selama Masa Kehamilan, Persalinan dan/atau Waktu Menyusui

4. Melalui Transfusi darah/produk Darah yang Sudah Tercemar HIV

5. Melalu Seks Oral

HIV adalah jenis virus yang rapuh. Tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. HIV bisa ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. Perlu diketahui bahwa HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urin.

Cara terbaik untuk mencegah HIV adalah dengan melakukan hubungan seks secara aman, yakni hubungan sex setelah menikah dan tidak pernah berbagi jarum atau peralatan menyuntik apa pun. Semua yang pernah berhubungan seks dengan bergonta-ganti pasanganĀ dan berbagi jarum atau suntikan, berisiko untuk terinfeksi HIV.

So, Hidup sehat tanpa Narkoba dan Free Sex! Kalau bahasa Banyumas nya adalah Mensana in corpore sano, yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat šŸ˜€

Gambar: Ilustrasi jarum suntik via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.