Dulu Facebook Pernah Ditawarin ke MySpace $75 Juta Saja Tapi Ditolak

Radityo | Arsip | Dec 14, 2015

NGONOO.com – Menurut kalian media sosial paling populer untuk saat ini apa gais? Kalau jawaban kalian adalah Facebook berarti kalian bener. Sekedar informasi aja nih, saat ini pengguna aktif Facebook setiap harinya bisa mencapai 1 miliar loh gais, wuih banyak banget ya? Tapi, tentu saja Facebook gak langsung besar seperti sekarang ini gais, melainkan harus mulai dari bawah dulu.

Menurut sejarah yang kami pelajari dari Wikipedia, Facebook pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2004 silam. Facebook sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama dengan beberapa rekannya dari Universitas Hardvard seperti, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Saat awal didirikannya, anggota Facebook hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard aja gais. Setelah itu baru semakin meluas ke universitas lainnya yang ada di Boston, Ivy Leauge, dan Universitas Stanford.

 

Semakin lama anggota Facebook-pun tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja, tetapi juga dari kalangan anak kecil dan anak remaja, hingga sekarang semua orang yang melek internet sepertinya udah pada punya akun Facebook. Tapi, dibalik kesuksesan Facebook seperti sekarang ini, kalian tau gak kalau ternyata dulu Facebook pernah ditawarkan ke MySpace dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya sebesar $75 juta aja.

Kejadian tersebut berlangsung pada tahun 2004 silam gais, yang notabene merupakan tahun awal berdirinya Facebook. Saat itu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bertemu dengan CEO MySpace, yaitu Chris DeWolfe. Keduanya membahas mengenai merger, dan Mark Zuckerberg menawarkan Facebook seharga $75 juta kepada Chris DeWolfe. Lantas, apa tanggapan Chris DeWolfe? Seperti yang udah bisa ditebak, Chris DeWolfe menolak untuk membeli Facebook.

facebook-vs-myspace

Lebih dari satu tahun kemudian, sekitar pertengahan tahun 2005, setelah MySpace dibeli oleh News Corp seharga $580 juta, keduanya-pun kembali mengadakan pertemuan dan masih membahas mengenai kemungkinan merger. Saat itu Mark Zuckerberg menaikkan harga Facebook menjadi sebesar $750 juta. Namun, sayang, Chris DeWolfe masih saja enggan untuk membeli Facebook.

Meskipun saat itu Facebook gak laku, tapi Facebook selalu mengalami peningkatan pada tahun-tahun berikutnya. Hingga pada tahun 2007, Microsoft akhirnya membeli saham Facebook sebesar 1,6% dengan harga $240 juta, yang akhirnya membuat total saham Facebook melonjak pesat menjadi $15 miliar.

Beberapa tahun setelahnya, traffic Facebook dikabarkan sudah 2 kali lipat lebih tinggi dari MySpace, dan akhirnya saat ini Facebook lebih populer dari MySpace. Bahkan, bisa jadi saat ini MySpace sudah “mati suri” karena penggunanya banyak yang gak aktif lagi.

via Phone Arena

Gambar : Facebook 1000 Words / Shutterstock.com

true
Dulu Facebook Pernah Ditawarin ke MySpace $75 Juta Saja Tapi Ditolak
1

TULISKAN KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.