Arsip  

Nggak Cuma Italia yang Punya Menara Miring, Negara Ini Juga Punya!

NGONOO.com – Selama inikan yang kita tahu cuma menara pisa di italia yang bangunannya miring, ternyata di Australia ada juga yang namanya menara miring, tepatnya di kota Gingin dan menara itu diberi nama Menara Miring Gingin.

Gingin adalah sebuah kota kecil yang terletak sejauh 91 km dari Kota Perth. Kota ini bisa ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Perth. Menara miring ini ternyata bukan sembarang menara, melainkan dibangun dengan tujuan ilmu pengetahuan.

Menara Miring Gingin

Menara Miring Gingin dibangun dengan perencanaan, perhitungan dan teknik yang sangat tepat. Menara tersebut berdiri setinggi 45 meter, dengan kemiringan mencapai 15 derajat. Untuk menjaga menara tetap berdiri kokoh, sturktur tersebut ditahan dengan pondasi beton seberat 180 ton. Menara miring ini berada di dalam kompleks Pusat Penelitian Gravitasi di Kota Gingin, Australia Barat. Pusat penelitian ini memang mengkhususkan diri untuk riset tentang gravitasi, kosmologi, hingga aneka materi tentang tata surya.

Menara miring sendiri dibangun berdasarkan percobaan sederhana yang dilakukan oleh ilmuwan terkenal Galileo Galilei 400 tahun silam. Salah satu hipotesis yang diajukan Galileo saat itu memang berkaitan dengan gravitasi. Apakah 2 benda yang dijatuhkan dari menara miring dengan jarak yang sama, bisa jatuh ke bumi dengan jarak yang sama pula. Traveler yang penasaran untuk membuktikan percobaan Galileo ini bisa datang ke Menara Miring Gingin untuk mencobanya sendiri.

Pihak pengelola membebaskan traveler melempar benda apa saja dari puncak menara untuk dilemparkan ke bawah. Bahkan, pernah ada yang melemparkan buah semangka! Menara miring ini terbuka untuk umum dari jam 10.00 pagi, hingga pukul 16.00 waktu setempat. Turis yang datang akan dikenakan tiket masuk sebesar AUSD $18 (setara Rp 183 ribu) untuk dewasa, dan AUSD $12 (setara Rp 122 ribu) untuk anak-anak.

Selain bisa belajar tentang gravitasi, traveler juga bisa melihat koleksi aneka flora dan fauna eksotis. Wajib dicoba buat kamu yang tahun depan ada rencana liburan ke Perth, Australia!

(Sumber: detik.com)

Gambar: Cewek cantik nunjuk kearah menara via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.