Mewarnai Gambar, Tren Baru Penghilang Stres Bagi Orang Dewasa

  • Share

NGONOO.com – Mendengar kata ‘mewarnai gambar’ yang terlintas di pikiran kita pastinya adalah kegiatan yang identik dilakukan oleh anak-anak TK maupun SD. Tapi jangan salah gaes, saat ini kegiatan mewarnai gambar tak hanya populer di kalangan anak-anak aja lho. Orang-orang dewasa pun sekarang mulai melirik kegiatan tersebut.

Yap, belakangan ini memang  lagi muncul tren baru mewarnai gambar dikalangan orang dewasa gaes. Tapi tentu aja buku mewarnai yang digunakan ini berbeda dengan buku mewarnai anak-anak. Buku mewarnai bagi orang dewasa ini memiliki desain yang lebih detail dan ribet pastinya. Tingkat kerumitan pun akan semakin bertambah tiap halamannya. Jadi, semakin besar nomor halaman, maka gambarnya akan makin rumit dan menantang untuk diwarnai.

shutterstock_300041195
gambar mewarnai via Shutterstock

Munculnya tren mewarnai bagi orang dewasa ini bukan tanpa alasan lho gaes. Kegiatan mewarnai gambar ini sendiri diyakini bisa membantu untuk mengurangi tingkat stres bagi orang dewasa yang setiap harinya menghadapi berbagai kegiatan dan masalah hidup.

Selain bisa mengurangi stres, kegiatan ini juga diyakini bisa membuat perasaan lebih tenang dan merangsang area otak yang berhubungan dengan keterampilan motorik, indra dan kreativitas. Sehingga membuat kita bisa lebih rileks dan tambah kreativ dong ya.

Psikolog, Gloria Martínez Ayala pun mengungkapkan ketika mewarnai, kita mengaktifkan berbagai wilayah dua belahan otak kita. “Tindakan melibatkan kedua logika, yang kita bentuk warna, dan kreativitas, saat mencampur dan mencocokkan warna. Hal tersebut merangsang kemampuan penglihatan dan keterampilan motorik halus. Relaksasi ini dianggap mampu menurunkan aktivitas amigdala, bagian dasar otak kita yang terlibat dalam mengendalikan emosi yang dipengaruhi oleh stres. “

coloring book
salah satu contoh coloring book for adult via Instagram.com/namsilat

Oleh karena itulah di kota-kota besar di berbagai negara maju dan berkembang, buku mewarnai bagi orang dewasa laris manis diserbu. Ga heran sih, soalnya tingkat stress orang yang hidup diperkotaan di negara maju dan berkembang bisa dibilang lebih tinggi.

Nah, gimana bro n sest tertarik untuk mencoba buku mewarnai bagi orang dewasa ini untuk mengurangi stres? Boleh banget, kamu bisa nyari-nyari gambar-gambarnya di google atau langsung koleksi berbagai macam buku mewarnainya di toko-toko buku kesayangan kamu 🙂

buku mewarnai
contoh gambar coloring book for adult
buku mewarnai1
contoh gambar coloring book for adult
buku mewarnai2
contoh gambar coloring book for adult

via Huffingtonpost

gambar pensil warna via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.