ASUS Zenfone Max Pro M2

Fakta-Fakta Menjelang Piala Euro 2016

NGONOO.com – Tahun ini pagelaran paling bergengsi antar negara di Benua Biru akan segera dimulai. Yaa, kompetisi empat tahunan bernama Piala Euro akan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli di Paris, Prancis. Bulan Desember lalu, sebanayak 24 tim sudah mendapatkan tempat di enam grup yang tersedia.

Dari negara-negara unggulan hingga non unggulan semuanya tercampur rata, sehingga tak memunculkan grup neraka seperti yang sudah-sudah. Nah, sebelum kompetisi tersebut bergulir, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa data dan fakta menarik menjelang Piala Eruro 2016.

 

Mengawinkan Gelar

Spanyol juara dunia via FIFA

Spanyol juara dunia via FIFA

Setelah kompetisi Piala Euro ini, dua tahun selanjutnya adalah Piala Dunia. Nah menurut catatan sejarah, baru ada tiga negara yang bisa mengawinkan Piala Euro dan Piala Dunia. Negara pertama yang berhasil mengawinkan kedua trofi adalah Jerman Barat (Euro 1972 dan Piala Dunia 1974) kemudian Prancis (Piala Dunia 1998 dan Euro 2000) dan yang terakhir adalah Spanyol (Euro 2008 dan Piala Dunia 2010). Yang sekaligus juara bertahan Piala Euro 2012.

Paling Banyak Tampil

Iker Casillas via bleacherreport

Iker Casillas via bleacherreport

Sudah 15 tahun sejak kompetisi ini untuk pertama kalinya bergulir. Namun baru ada 8 pemain yang bisa tampil di empat pagelaran Piala Euro. Lothar Matthaus (Jerman), Peter Schmeichel (Denmark), Aron Winter (Belanda), Alessandro Del Piero (Italia), Edwin van der Sar (Belanda), Lilian Thuram (Perancis), Olof Mellberg (Swedia) serta Iker Casillas (Sponyol).  Khusus untuk Casillas, mantan bintang Real Madrid ini bakalan menjadi pemegang rekor jika doi masuk skuad Spanyol di Prancis Juni nanti.

Pencetak Tiga Gol (Hattrick)

David Villa via football2014wc

David Villa via football2014wc

Tercatat ada 7 nama yang berhasil mengemas tiga gol dalam satu pertandingan di putaran final. Mereka adalah para pemain hebat di eranya, Dieter Muller (Jerman), Klaus Allofs (Jerman), Michel Platini (Perancis), Marco van Basten (Belanda), Sergio Conceicao (Portugal), Patrick Kluivert (Belanda) dan David Villa (Spanyol).

 

Negara Paling Sukses

Jerman Juara Piala Eropa 1996 via Goal

Jerman Juara Piala Eropa 1996 via Goal

Spanyol dan Jerman menjadi dua negara paling sukses dengan raihan tiga gelarnya. Namun Jerman lebih unggul partisipasinya di final dengan tiga pertandingan ketimbang Spanyol. Disusul Prancis dua gelar dan Czechoslovakia (1976), Denmark (1992), Greece (2004), Italy (1968), Netherlands (1988), Soviet Union (1960) yang masing-masing mengoleksi satu.

Penampilan Terbanyak

via the sun

via the sun

Edwin van der Sar dan Lillian Thuram menjadi pemain paling banyak tampil di Piala Euro dengan jumlah tampil 16 pertandingan dalam kurun waktu 1996-2008. Legenda Manchester United, Van der Sar lebih unggul menit bermain yang sudah mencapai 1535 menit.

Pencetak Gol Terbanyak

michel platini via The Guardian

michel platini via The Guardian

Presiden UEFA saat ini, Michel Platini adalah mantan pemain Prancis yang hebat di eranya. Tak ayal doi menjadi top skor di putran final Piala Eruro dengan koleksi 9 gol. Nama lain yang muncul sebagai pencetak gol terbanyak adalah Cristiano Ronaldo. Mas Dodo menjadi pemain dengan jumlah gol terabnyak termasuk di babak kualifikasi dan putaran final. Ronaldo sudah mencetak 26 gol sejak debutnya.

Negara Debutan

Kompetisi ini sudah ada sejak 1960 dan mereka beru aja masuk. Iyaa negara-negara seperti Albania, Islandia, Irlandia Utara dan Wales menjadi tim debutan yang berkompetisi di kejuaraan paling bergengsi antar negara di benua biru ini.

Banyak Duel Seru

Dua anggota kerajaan, Inggris dan Wales akan saling sikut di putaran final. Polandia dan Ukraina yang sebelumnya menajdi tuan rumah di Piala Euro 2012 juga bakalan bertemu. Dan masih banyak lainnya.