ASUS Zenfone Max Pro M2

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S6 dan LG G4, Mana yang Terbaik?

Onky | Berita | 22 Jan, 2016

NGONOO.com ÔÇô Perbandingan kamera Samsung Galaxy S6 dan LG G4, kira-kira bagus yang mana ya? Kita akan coba untuk mengupasnya secara gamblang disini. Hari ini aku mau nyoba membandingkan 2 kualitas kamera pada smartphone asal Korea. Ya, 2 smartphone ini adalah Samsung Galaxy S6 dan LG G4.

Smartphone kelas premium yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dari spesifikasi hingga model yang lebih enak dibawa kemana-mana.

Kalau dari segi kamera keduanya memiliki resolusi kamera utama yang sama, yakni 16 Megapixel, kita akan tahu setelah melihat hasil jepretan dari kedua smartohone ini. Untuk layar Samsung Galaxy S6 punya ukuran yang lumayan enak buat di genggam yakni hanya 5.1 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixel, sedangkan LG G4 memiliki ukuran layar 5.5 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixel. Nah kalau ukuran itu tergantung selera, yang penting bagaimana hasil dari jepretan kameranya.

Mana yang Lebih Cepat Dalam Mengakses Kamera? (Shortcut)

Perbandingan yang pertama adalah letak shortcut aplikasi kamera yang bisa digunakan untuk mengakses kamera dengan cepat dan apakah shortcut itu nyaman digunakan.

Samsung Galaxy S6 dan LG G4 sama-sama memiliki shortcut kamera yang bisa diakses dengan cepat. Pada Samsung Galaxy S6 cukup dua kali klik pada tombol home aplikasi kamera sudah terbuka. Sedangkan untuk LG G4 kamu bisa menggunakan tombol menurunkan volume.

Yuk kita lihat gimana hasil gambar dari kedua smartphone ini:

Desain UI Kamera Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6

Desain UI Kamera LG G4

LG G4

Hasil dari kedua gambar yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy S6 dan LG G4 memang tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Keduannya sama-sama menghasilkan kualitas gambar yang jernih.

Fitur Auto Mode Samsung Galaxy S6 dan LG G4

Fitur auto mode digunakan untuk mendukung kemudahan mengambil foto secara cepat dengan kualitas yang baik. Samsung Galaxy S6 memiliki 5 shortcut menu auto mode, seperti flash control, HDR, timer, tombol ganti ke kamera depan dan filters.

Sedangkan untuk LG G4 menawarkan 2 auto mode, simple dan auto. Pada pilihan simple tidak disediakan tombol untuk mengambil foto, cukup menekan layar di area manapun untuk mengambil foto, pada pilihan simple tidak dilengkapi flash control, HDR dan tombol untuk merekam video.

Auto Mode Samsung Galaxy S6

Mode auto Samsung Galaxy S6

Auto Mode LG G4

Mode auto LG G4

Fitur Slow Motion dan Time Lapse

Dua fitur penting untuk smartphone kelas premium ini wajib ada, yakni Slow Motion dan Time-lapse untuk merekam video. Pada Samsung Galaxy S6 fitur time-lapse bernama fast motion, dengan slow motion 120 fps dan kualitas gambar 720 pixel. Sedangkan LG G4 tidak memiliki fitul time-lapse tapi memiliki fitur slow motion 120 fps dengan kualitas gambar 720 pixel.

Fitur Slow Motion dan Fast Motion Samsung Galaxy S6

Fitur Slow Motion dan Fast Motion Samsung Galaxy S6

Fitur Slow Motion LG G4

Fitur Slow Motion LG G4

Pengaturan Kamera Secara Manual

Ketika menggunakan kamera DSLR kita disugukan beberapa pengaturan manual yang bisa dibilang cukup ribet. Saat menggunakan kamera smartphone akan beda lagi, tingkat pengaturannya jauh lebih mudah dan sudah dibuat simpel.

Pada Samsung Galaxy S6 tersedia pengaturan manual, namun ada kekurangan pada shutter speed dan kurang nyaman untuk digunakan. Sedangkan untuk LG G4 menyediakan pengaturan kamera yang lebih impresif, seperti pengaturan ISO, shutter speed, white balance dan focus.

Fitur Video Samsung Galaxy S6 dan LG G4

Sekarang kita tahu, hampir setiap orang menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan merekam video dengan durasi yang cukup singkat.

Untuk urusan merekam video, Samsung Galaxy S6 bisa menghasilkan video 4K yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone sekelas iPhone 6, tidak hanya itu, Samsung Galaxy S6 juga menyediakan fitur focus untuk merekam video yang sangat mudah untuk diakses. LG G4 juga menawarkan kemudahan untuk mengkases fitur-fitur tersebut, namun sedikit terkendala untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan cepat.

Secara keseluruhan kedua smartphone ini memiliki teknologi yang keren, nggak hanya pada kameranya saja, tapi body dan spesifikasi yang diusung sesuai untuk gaya dan mobilitas kerja. Kembali lagi pada diri sendiri, semua tergantung selera dan kebutuhan.

Salam ngutek-ngutek kamera hape. ­čśÇ

Gambar: Samsung Galaxy S6 & LG G4 via Shutterstock