ads

Review Xiaomi Redmi 3 Smartphone Android Low-End dengan Baterai Dewa

Aam Krisnadi | Giveaways | 21 Feb, 2016

NGONOO.com ~ Hae gaes! Udah tau belom kalo di awal 2016 ini Xiaomi meluncurkan satu smartphone Android terbaru mereka? Yak, smartphone itu adalah Xiaomi Redmi 3.

Redmi 3 adalah Smartphone Android Low-End Terbaru Dari Xiaomi dengan Baterai Kapasitas Dewa (4000mAh)

Smartphone Android yang ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke bawah ini udah ada di tangan Tim NGONOO untuk di-review lho.. Mau tau lebih jelas? Baca sampai selesai ya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

Layar – IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
– 5.0 inches (~71.1% screen-to-body ratio)
– 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
CPU Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Storage 16 GB
Ram 2 GB
Konektivitas 4G LTE
OS Android 6.0 Marshmallow
Kamera Belakang – 13 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
– Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
– Video :1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP, f/2.2, 1080p@30fps
Baterai Non-removable Li-Ion 4100 mAh
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass

Bodi metal seksi dan kokoh

Yaaaa.. kesan pertama membuka box Xiaomi Redmi 3 ini ada pada bagian wujud bodinya, seksi dan kokoh. Ini karena Redmi 3 berbodi metal bukan plastik. Selain itu warna yang saya dapatkan adalah gold alias emas dan terdapat ornamen penghias di bagian belakangnya, jadi dari bentuknya Redmi 3 ini terlihat cukup elegan.

Hanya saja smartphone berukuran layar 5 inch ini sedikit lebih tebal, mungkin karena ukuran baterai yang berkapasitas 4100 mAh. Lalu  yang membuat saya kurang nyaman lagi adalah adanya nampaknya sisi hitam antara bingkai dan layar display dari Redmi 3 ini, hal kecil yang membuat Redmi 3 ini menjadi kurang sip kalo dilihat.

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian depan, bezel kanan dan kiri cukup tipis

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian belakang bercorak kotak-kotak.

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian kanan ada tombol power dan volume.

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian kiri ada slot sim card

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian atas ada jack audio dan infrared.

Review Xiaomi Redmi 3

Bagian bawah ada port usb

Layar 5 inci

Nah ini jadi kabar baik, karena Xiaomi tetap merilis Redmi 3 dengan ukuran layar 5 inci di mana sekarang banyak merk yang merilis phablet atau “smartphone kebesaran”. Ukuran 5 inci HD (720p) adalah pilihan tepat karena masih bisa dioperasikan dengan satu tangan dengan sangat nyaman.

Tapi ada tapinya, Redmi 3 ini nggak dilengkapi pelindung layar semacam Gorilla Glass. 🙁 Kalo kamu nggak masalah dengan ini sih bisa dilapisi dengan tempered glass yang bisa dibeli di mana pun kamu berada. 🙂

Perbandingan dengan Redmi 1 dan Redmi 2

Review Xiaomi Redmi 3

Dari kiri ke kanan: Redmi 3, Redmi 2, Redmi 1s

Kamera utama 13 MP

Kamera Redmi 3 memiliki 13 MP di kamera belakang dan 5 MP sebagai kamera selfie-nya. Ketika saya coba kamera belakang dari Redmi 3 ini mampu mengambil foto brust dengan sempurna. Sepertinya 13 MP udah jadi standar untuk kamera utama di smartphone ya, udah oke banget lah buat mengabadikan momen-momen spesial bareng calon mantan.

Review Xiaomi Redmi 3

Foto dalam ruangan kamera belakang

Review Xiaomi Redmi 3

Foto luar ruangan kamera utama

Sedangkan kamera depannya biasa aja sih, yang penting bisa buat motret.

Review Xiaomi Redmi 3

Foto dalam ruangan kamera depan

Performa lancar jaya

Android penerus Redmi 2 ini juga mempunyai spesifikasi yang lumayan di kelasnya. Proccessor Octa-Core dan RAM 2 GB membuat Redmi 3 ini mampu menjalankan Android OS 5.0 Lollipop dengan mulus dan nyaman, apalagi dibalut dengan tampilan MIUI 7 terbaru, smooth dan menyenangkan.

Perlu diingat bahwa performa sebuah smartphone Android nggak cuma ditentukan dari spek hardware-nya, sistem operasi yang tertanam juga sangat bepengaruh. MIUI 7 berhasil menjadikan Redmi 3 begitu nyaman digunakan, nyaman di sini maksudnya bukan kasur empuk dan selimut hangat ya, tapi minimnya lag saat digunakan berpindah-pindah aplikasi, istilah kerennya multitasking kali ya.

Review Xiaomi Redmi 3

Hasil benchmark Antutu

Review Xiaomi Redmi 3

Sensor yang terpasang di Redmi 3

Kapasitas baterai buesar

Iya, itu ngagk typo, Redmi 3 ini ditempelin baterai berukuran 4100 mAh ya kira-kira dua kali lebih besar daripada baterainya iPhone 6. Saya coba pakai buat aktivitas seharian dengan pemakaian normal sesekali ngegame, dan Redmi 3 bisa bertahan seharian, dari pagi sampai malam.

Sistem operasi Android Lollipop

Xiaomi Redmi 3 menggunakan MIUI 7.1 berbasis Android 5.1.1 Lollipop. Mungkin buat pengguna yang agak riwil dengan masalah OS ini kurang sip. Karena Android 6.0 Marshmallow udah tersedia, tapi Xiaomi masih merilis Redmi 3 dengan Android 5.1.1 Lollipop. Padahal kan kalo Xiaomi mau merilis dengan Android Marshmallow bisa jadi nilai tambah yang tentunya akan mempengaruhi minat beli konsumen.

Review Xiaomi Redmi 3

Yaa, meskipun ini smartphone kelas menengah ke bawah sih. Tapi kan.. 🙁

Fitur spesial: InfraRed

Fitur yang paling saya suka dari Redmi 3 ini adalah adanya InfraRed. Yap! Fitur yang sangat jarang sekali nongol di smartphone masa kini ini sebenernya terbilang kuno, namun sangat berfungsi. Karena dengan adanya InfraRed ini kamu bisa menggunakan Redmi 3-mu sebagai remote untuk beberapa perangkat elektronik seperti TV, AC, VCD/DVD Player dan mungkin juga kipas angin. Veri veri usefull lah istilahnya.

Aplikasi Remot bawaan dari Xiaomi juga wis komplit, konon bisa 120 merek. Kalau nggak puwas silahkan download saja di Google Play banyak aplikasi2 Remote yang bisa dicoba.

Video review

Kesimpulan

Sesuai dengan nama serinya yaitu “Redmi” udah jelas Redmi 3 ini emang dikhususkan untuk konsumen menengah ke bawah dimana smartphone Android ini dibandrol dengan harga yang cukup murah di kelasnya. Ya kita tunggu saja Redmi 3 ini keluar secara resmi di Indonesia, karena jika dilihat dari harga di negara asalnya, kemungkinan besar versi resmi dari Redmi 3 ini dibandrol dengan harga 1,4jt – 1,9jt.

Dengan harga yang relatif murah (kelas dua jutaan), Redmi 3 bisa jadi pilihan yang pas kalo kamu lagi cari smartphone baru. 🙂

Xiaomi Redmi 3 Giveaway

Nah buat kamu yang pengen banget punya Xiaomi Redmi 3 tapi ngga punya duit atau punya duit tapi mau dipake buat belikan kado pacar atau punya duwit tapi nggak punya pacar atau nggak punya duwit nggak punya pacar atau punya duwit pingin Redmi 3 tapi males beli?

Tenang aja, karena NGONOO akan memberikan Xiaomi Redmi 3 secara gratis sebagai giveaway buat kamu pembaca setia NGONOO! Silakan ikuti semua persyaratan yang ada di bawah ini dan berdoa semoga menang!

Ingat berbeda dengan Giveaway sebelumnya, kali ini kami akan menggunakan sistem pengundian.

Semoga beruntung.

Pengumuman Pemenang Giveaway NGONOO #2: Xiaomi Redmi 3

Xiaomi Redmi 3 Giveaway