Google Kenalkan Andorid N Developer Preview, Caritau Yuk!

  • Share

NGONOO.com – Akhirnya setelah cukup lama menanti google memperlihatkan juga sosok OS terbarunya yakni Android N. Kira-kira apa ya singkatan dari Android N itu? Apakah masih berhubungan dengan sesuatu yang manis? Katanya sih N itu singkatan dari “Nutella” atau nganu emm… Android “NGONOO” :D. Tapi, sudahlah kita tunggu saja informasi selanjutnya dari google.

Perlu diketahui oleh sobat ngonoo sekalian, Android N ini masih dalam tahap uji coba, tahap developer preview yang ditujukan bagi para pengembang OS Android. Yaa namanya juga developer preview, setidaknya kita akan caritau gimana penampakan sebelum versi terbaiknya resmi dirilis.

Apa yang ngebedain OS Android N sama Android Marshmallow? Jawabanya terletak pada fitur tambahan, tampilan lebih menawan dan yuk kita caritau disini.

Fitur Multi Window

Multi Window Android N

Fitur Multi Window adalah fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan dua aplikasi atau lebih dalam satu waktu, misalnya kamu bisa chatingan sambil nonton youtube, tampilan yang ditawarkan bisa potrait atau landscape, suka-suka kamu ajalah.

Fitur ini pertama kali dikenalkan oleh microsoft pada OS Windows 8 kemudian Apple dengan OS X dan iOS 9 yang hanya bisa digunakan pada iPad saja.

Mode Doze Untuk Menghemat Baterai

Mode Doze Android N

Google tidak memberitau secara detail seperti apa mode doze pada Android N, tapi fitur penghemat daya ini akan menunda proses pemakaian CPU dan jaringan oleh aplikasi saat layar smartphone dalam keadaan tidak menyala (mode sleep) dalam durasi waktu yang lama. Kalian pernah ngrasainkan gimana berjuangnya smartphone kamu saat mencari jaringan, baterai mulai panas dan daya akan sangat cepat terkuras.

Bundled Notification Handling

Android N Bundle Notification

Para developer bisa mengembangkan fitur notifikasi ini dengan menggunakan aplikasi yang sama, seperti misalnya menerima email sebanyak 10, pada bagian bar notifikasi hanya muncul satu baris pemberitahuan gmail saja, tidak beruntut 10 baris email notifikasi memanjang kebawah.

Daftar smartphone yang bisa cicipi Android N developer preview ini antara lain Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Pixel C, Nexus 9 dan Nexus Player.

via phandroid, androidpolice

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.