WhatsApp Merilis End-to-end Encryption, Apa Sih Artinya?

NGONOO.com – Min, aku gak mudeng apa sih sebenarnya maksud dari End-to-end Encryption WhatsApp ini? Postingan kali ini akan menjawab pertanyaan kamu yang bingung dan penasaran mengenai enkripsi end-to-end, mimin tau kok gimana rasanya penasaran bercampur bingung mengenai pertanyaan yang tak kunjung dijawab. Berhubung mimin gak mau bikin kamu penasaran, mending langsung aja kita caritau yuk.

Hari ini Whatsapp resmi jalankan enkripsi end-to-end pada semua platform, baik itu Android, iOS, S60, S40, bahkan pada Blackberry pun enksripsi whatsapp end-to-end ini sudah dijalankan.

Sebentar, sebelum membahas mengenai enkripsi, sobat NGONOO.com harus tau dulu kalau pengguna aktif WhatsApp saat ini sudah tembus 1 miliar pengguna. Semakin banyak pengguna mestinya semakin menguntungkan bagi WhatsApp, tak hanya menguntungkan dari segi finansial, Whatsapp juga melakukan pengamanan super pada aplikasinya ini, dengan apa? dengan menjalankan enkripsi end-to-end.

Nah, tadi ada sobat NGONOO yang tanya, mungkin dia adalah pengguna iOS atau pengguna Android yang baru ngupdate WhatsApp nya ke versi terbaru.

Tanya dong2

Maaf, kalau nama yang disensor itu udah mainstream, berhubung dia adalah sobat setia akrab NGONOO (nah lho) jadi yang disensor mukanya aja, mungkin dengan nama terpampang nanti mereka bisa terkenal dan banyak yang nge Add. 😀

You can send to this chat and calls now secured with end-to-end encryption. 

Jadi bro and sist, enkripsi ini berguna untuk mengamankan data para pengguna WhatsApp ketika sedang berkirim pesan, jadi gak ada pihak lain yang bisa mengetahui apa aja pesan yang kamu kirim. Intinya seperti kasus Apple dan FBI kemarin, dimana FBI memaksa pihak Apple untuk membuka data seorang tersangka dari kasus pembunuhan, dimana tersangka menggunakan iOS, tapi pihak Apple tidak setuju karena itu adalah sebuah privasi pengguna iOS, jika pihak Apple membuka data berkirim pesan salah satu konsumennya, maka kemungkinannya Apple akan menjadi perusahaan yang tidak akan dipercaya lagi oleh para pengguna, karena dengan mudah mereka bisa membuka data siapa saja, bahkan bagaimana kalau data tersebut disalah gunakan? Pasti jadi nambah berabe urusannya dan akan merugikan pihak Apple sendiri.

Lanjut ke tema, jadi gaes gunanya Enkripsi WhatsApp end-to-end ini adalah untuk mengamankan data berkirim pesan para penggunanya tanpa harus takut data tersebut disadap oleh pihak ketiga (pemerintah bahkan pihak whatsApp sekalipun tak bisa mengetahui apa saja yang kamu kirim).

Sebenarnya gaes, enkripsi end-to-end ini sudah ada sejak tahun 2014 lalu. Namun baru bisa dinikmati oleh para pengguna android saja. Tapi mulai saat ini, enkripsi end-to-end sudah bisa digunakan untuk semua platform. Lebih serunya lagi, end-to-end ini tidak hanya tersedia untuk mengamankan data chatting antara dua orang yang berkirim pesan saja, tapi juga berlaku untuk group chat, voice call, voice note, attachment seperti video atau foto, dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya, semua yang ada di WhatsApp kini memberikan perlindungan penuh bagi penggunanya.

Semoga saja penjelasan yang sedikit ini sudah menjawab rasa penasaranmu. 😀

WhatsApps via Shutterstock

via WhatsApp

Onky

Onky

Total posts created: 1500

2 thoughts on “WhatsApp Merilis End-to-end Encryption, Apa Sih Artinya?”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *