ads

Review ASUS ZenPower Pro: Dual-Colokan, Senter LED, dan Quick Charge 2.0

Taufiq Hasan | Giveaways | 28 Apr, 2016

ASUS memiliki produk berupa powerbank yang sudah cukup lama di pasaran, powerbank itu diberi nama ZenPower, seperti produk-produk lainnya yang diberi nama dengan awalan Zen. Lalu ASUS merilis powerbank baru untuk sebagai versi lanjutan dari ZenPower sebelumnya, namanya adalah ZenPower Pro. Pro ini singkatan dari profesional atau produktif saya kurang tahu, atau bisa jadi profil, prosotan, probono? Hadeh hadeh, pokoknya itulah.

Nah, intinya Tim NGONOO sudah memilikinya saat ini dan pengen sedikit berbagi tentang produk ini. Karena ini “cuma” powerbank, jadi hal-hal yang dibahas juga sederhana banget ya.

Desain kecil pas di saku

IMG_20160420_114937

Biasanya orang pakai powerbank kan dimasukin ke saku kan ya? Tentunya saku sendiri, bisa saku celana atau baju. ZenPower ini ukurannya kecil, jadi masih nyaman dimasukin ke saku. Cuma emang agak berat, kalo masuk saku baju, jadi mending masuk saku celana atau tas aja.

IMG_20160420_115258

Sayangnya kabel bawaannya pendek, kira-kira 20,32 cm lah, nggak mungkin dipakai kalo powerbank masuk saku dan hape tetap kamu gunakan.

Kapasitas besar: 10050 mAh + dual-colokan

photostrip-2016-04-20-1

Hitungan gampangnya kalo hape kamu baterainya 3000 mAh, maka ZenPower Pro ini bisa buat nge-charge sampai 2 kali masih sisa banyak lah. Berhubung tersedia dua port USB, kamu bisa nge-charge dua device sekaligus, siapa tau tetangga ada yang butuh.

Mendukung Quick Charge 2.0-nya Qualcomm

colokan-1

Fitur ini cuma berfungsi pada colokan 1, sedangkan colokan 2 cuma berfungsi seperti powerbank lainnya. Quick Charge 2.0 adalah teknologi milik Qualcomm yang bisa membuat proses pengisian baterai hape 4 kali lebih cepat dari biasanya. Karena ini buatan Qualcomm, jadi fitur ini juga cuma berjalan pada hape yang pakai chipset Qualcomm, itu pun nggak semua hape lho. Daftar hape yang mendukung Quick Charge 2.0 bisa dilihat di sini.

Performa

Percobaan pertama, nge-charge Nexus 5 yang baterainya hampir habis dan berkapasitas 2300 mAh. Dari buka kardus langsung colok ke hape, ZenPower Pro sukses mengisi baterai Nexus 5 sampai penuh hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam. Sisa daya di ZenPower Pro masih 1 bar yang tadinya 2 bar, mungkin 1 bar isinya 2500-an mAh karena ada 4 bar kalo penuh.

Percobaan kedua, nge-charge ZenPower Pro dengan daya dari laptop, untuk mendapatkan 1 bar perlu waktu kurang lebih 1 jam.

Percobaan ketiga, nge-charge ZenPower Pro dengan charge hape (Nexus 5), untuk mengisi penuh perlu waktu kurang lebih 4 jam.

Percobaan keempat, nge-charge dua hape sekaligus (semuanya Nexus 5), dengan durasi charging 15 menit, hape 1 dari kondisi baterai 42% menjadi 64%, lalu hape 2 dari 18% menjadi 39%. Tes ini dilakukan dalam kondisi layar menyala terus dan semua notifikasi dan sinkronisasi aktif.

Percobaan kelima, nge-charge dengan Quick Charge 2.0 (Moto X 2014), nah yang ini agak aneh, seharusnya sih lebih cepat, tapi dalam percobaan selama 30 menit cuma naik 56%. 🙁

Senter LED

IMG_20160420_115352

Fitur penggembira yang sangat berguna sih, misal mati lampu semalaman, asal ZenPower terisi penuh, mungkin kamu bisa selamat dari segelapan.

Tips: ZenPower Pro ini waktu dibuka dari kardusnya sudah terisi daya 2 bar dari 4 led indikator, jadi misalnya kamu dalam keadaan darurat kehabisan baterai di jalan sedangkan ada hal yang sangat penting harus membuka hape, silakan mampir toko dan beli powerbank

Kesimpulan

ZenPower Pro bisa jadi pilihan yang bagus kalo kamu lagi butuh powerbank sekarang, apalagi hape kamu termasuk flagship, soalnya sayang baterai hape kamu kalo pakai powerbank abal-abal yang banyak beredar di pasaran. Apalagi hape kamu sudah bisa Quick Charge 2.0. ASUS memasang harga Rp. 399.000, silakan cek langsung di ASUS Store ya.

GIVEAWAY

Seperti biasa, Tim NGONOO bakal bagi-bagi giveaway. ZenPower ini — yang direview ini — bisa kamu miliki dengan cuma-cuma. Cukup daftar newsletter,follow Instagram, dan like Facebook NGONOO di bawah ini.

ZenPower Giveaway