ads

Review Lenovo Vibe P1 Turbo - Smartphone Android Spek Gahar dengan Baterai 5000 mAh

Aam Krisnadi | Giveaways | 17 May, 2016

Yoo gaes! Masih ingatkan 2 bulan yang lalu kita telah me-unboxing Lenovo Vibe P1 Turbo? Nah setelah pengujian yang memakan waktu 2 bulan itu akhirnya review lengkap dari Lenovo Vibe P1 Turbo saya tulis juga! Hahahaaa.. lama sekali ya..

Smartphone besutan Lenovo yang di launching bulan Februari 2016 kemaren sudah kita test dan kita coba selama beberapa minggu lho gaes, jadi kita sudah tau hampir semua kelebihan dan kekurangan dari Smartphone Android punyanya Lenovo ini.

Harga dan Spesifikasi Lenovo VIBE P1 Turbo

Levono VIBE P1 Turbo dijual seharga 3.9 jutaan di pasaran, cukup mahal jika dibandingkan smartphone sekelasnya. Tapi coba simak dulu review kami, mungkin ada beberapa fitur yang kamu butuhkan dan nggak ada di smartphone lain. 🙂

Layar – IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
– 5.5 inches (~72.1% screen-to-body ratio)
– 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
CPU Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Storage 32 GB
RAM 3 GB
Konektivitas 4G LTE
OS Android 5.1 Lollipop, dapat update Android 6.0 M bulan Mei 2016
Kamera Belakang – 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED flash
– Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
– Video :1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh (mendukung Quick Charge 2.0)
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity

Video review

Dari Spesifikasinya Lenovo Vibe P1 Turbo ini terbilang cukup gahar. Smartphone Android berukuran 5,5′ ini diperkuat dengan prosesor Qualcomm MSM8030 Snapdragon 615 Quad-Core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53, sungguh tipe prosesor susah dihapalkan karena memang saat ini terdapat banyak sekali tipe prosessor untuk Smartphone.

Untuk memory Vibe P1 Turbo terbilang sangat mantap karena sudah menggunakan memori sebesar 3 GB RAM dengan ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB dan masih bisa ditambah dengan mictoSD sampai 128 GB! Waa besar sekali ya.

Nah untuk dukungan jaringan, Lenovo Vibe P1 Turbo ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dan support dengan jaringan 4G yang telah dimiliki oleh operator telekomunikasi yang ada di Indonesia.

Dan yang lebih menyenangkan dari Lenovo Vibe P1 Turbo ini ada pada bagian baterainya pemirsa, karena smartphone ini sudah tertanam baterai sebesar 5000 mAH dengan fitur fast charging. Jadi meskipun kapasitas baterainya besar, Lenovo Vibe P1 Turbo ini nggak memakan waktu yang lama untuk pengisian dayanya, tentu saja untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus menggunakan charger bawaannya.

Tombol Home sekaligus jadi sensor sidik jari

Sensor sidik jari

Fitur lain dari Lenovo Vibe P1 Turbo ini adalah adanya sensor sidik jari yang dapat memudahkan kamu dalam hal keamanan yang ada di Smartphone ini. Jadi dengan adanya fingerprint sensor ini kamu dapat membuka kunci Vibe P1 Turbo tanpa perlu repot masukin password, cukup dengan jari yang sudah kamu daftarkan maka smartphone ini akan terunlock. Praktis kan?

Layar lega 5,5 inch FullHD

Layar lega 5.5 inchi

Lenovo Vibe P1 Turbo memiliki layar sebesar 5,5 inch dengan resolusi Full HD 1080×1920 pixel dan kerapatan 401 ppi. Cukup mantap untuk nonton youtube ataupun film berkualitas tinggi di Smartphone.

Kamera 13 MP plus dual tone flash

Kamera 13 MP dengan dual tone flash

Dari sisi kamera, Vibe P1 Turbo mempunyai 13 MP dengan dual tone flash kamera belakang dan 5 MP kamera depan. Untuk hasil jepretan kamera utama Vibe P1 Turbo ini sudah cukup well, tapi jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan range harga yang sama, bisa dikatakan hasilnya masih kurang memuaskan sih.

Kamera depan 5 MP

Performa mantap saat digunakan

Untuk performa sendiri, Lenovo Vibe P1 Turbo ini termasuk dalam kategori mantap. Ya tentu saja dengan spesifikasi Prosesor dan memori RAM-nya yang ajib, Lenovo ini mampu menjalankan Android Lollipop v5.1 dengan sangat baik dan smooth.

Untuk multi taskingnya sendiri sangat memuaskan, jadi kamu bisa berpindah-pindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain dengan cepet. Nah buat kamun yang hobi nge-game nih. Lenovo Vibe P1 Turbo ini sangat cocok dan rekomended buat mobile gaming. Kamu bisa memainkan game-game berukuran besar dan HD dengan lancar tanpa hambatan.

Fitur spesial: Tombol Switch untuk Ultimate Power Saver

Tombol switch ultimate power saver

Kapasitas baterainya sudah besar, eh masih ditambah fitur spesial buat berpindah ke power saver mode dengan hanya menggeser sebuah tombol di bagiak kiri. Dengan baterai tersisa 60-an persen, Lenovo Vibe P1 Turbo ini masih bisa menyala sampai 34 jam!

Ketika berjalan dengan ultimate power save mode ini hanya ada 6 aplikasi yang bisa dijalankan, yaitu Panggilan, Kontak, SMS, Jam/Alarm, Kalendar, dan Kalkulator. Wajar kan kalau bisa menyala lama banget. 😀

Ultimate Power Saver Mode

Kekurangan: UI, Fingerprint, Berat

Dari ulasan positif yang ada di Lenovo Vibe P1 Turbo di atas, tentu saja smartphone besutan Lenovo ini masih memiliki kekurangan. Yang paling menonjol menurut kami ada di bagian tampilan User Interface atau tampilan antar mukanya.

Yap tampilan Vibe UI yang diusung oleh Lenovo menurut kami kurang sip banget jika dibandingkan dengan smartphone merk lain. Icon set bawaan yang ada di Lenovo Vibe P1 Turbo ini bisa dikatakan jelek dan nggak membuat smartphone keren ini terlihat elegan. Ya meskipun masalah tampilan di Android dapat kita kostum sendiri, namun menurut kami user interface dari sebuah brand Smartphone khususnya Android ini menjadi identitas dari merk-merk itu sendiri dan UI inilah yang membuat Smartphone Android menjadi unik dan berbeda.

Fitur fingerprint yang diusung Vibe P1 Turbo ini menurut kami juga kurang maksimal, karena adanya sensor sidik jari yang keren di smartphone ini hanya berguna untuk membuka password smartphone saja. Padahal bisa saja fitur fingerprint ini dibuat untuk fasilitas khusus seperti untuk mengubah mode smartphone dari mode pribadi ke mode tamu dan tentu saja itu sangat fungsional apalagi kalo smartphone sering dipinjam dan berpindah tangan, seperti dipinjam anak buat mainan misalnya.

Kekurangan lain dari Smartphone ini adalah beratnya, ya Lenovo Vibe P1 Turbo ini tertanam baterai sebesar 5000 mAh. Jadi nggak heran kalo kapasitas baterai yang besar ini membuat Vibe P1 Turbo menjadi berat. Saran saya jangan menggunakan Smartphone ini ketika kamu sedang tiduran dengan posisi smarphone berada di atas kepala kamu, ya saya sudah berkali-kali kejatuhan Smartphone ini pas di jidat, mata, hidung dan bibir.. dan itu sakit.. sumpah..

Kesimpulan

Sejujurnya kami nggak merekomendasikan smartphone ini, karena dengan harga segitu kamu bisa mendapatkan banyak pilihan. Serius, dengan uang hampir 4 juta kamu bahkan bisa membeli flagship bekas yang performanya masih sangat oke dipakai saat ini. Ya, ini soal harganya yang terlalu tinggi.

Nah itulah ulasan dari Lenovo Vibe P1 Turbo, lha buat kamu yang pengen Smartphone keren banget ini. Maka ikutin aja Giveaway dari Ngonoo.com, karena kita akan memberikan Lenovo Vibe P1 Turbo ini secara gratis buat kamu pembaca setia Ngonoo.com. Caranya? Gampang! Cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Lenovo VIBE P1 Turbo Giveaway