ads

Saciva, Cara Praktis Memindah Kartu Nama ke Kontak Smartphone

Taufiq Hasan | Aplikasi | 08 Jun, 2016

Ada yang bilang kartu nama udah kuno, tapi nyatanya kartu nama masih menjadi media yang paling praktis untuk bertukar informasi kontak ketika bertemu secara offline. Dalam sebuah kartu nama kita bisa menuliskan berbagai macam informasi, dari alamat email sampai alamat kantor, bahkan sekarang banyak yang menyertakan informasi akun media sosial. Bisa dibayangkan misalnya kamu harus ngomongin itu semua pas ketemu orang yang baru kenalan. Bisa jadi malah nyebelin tuh. ๐Ÿ˜€

Kartu nama juga bisa jadi cara yang unik buat mengekspresikan pribadi atau karakter perusahaan tempat kita bekerja, banyak banget contoh kartu nama yang super keren dan bikin yang dikasih merasa sayang banget kalo mau dibuang. Jujur aja, ketika kamu dapat kartu nama, setelah semua informasi penting kamu dapatkan, pasti cuma dianggurin kan?

Memindah semua informas yang tertulis di sebuah kartu nama ke dalam kontak smartphone tentu merepotkan, ada sih yang punya inisiatif buat ngasih QR Code yang memungkinkan untuk memasukkan semua informasi ke dalam kontak smartphone dengan praktis, tapi kalo nggak ada QR code-nya?

Ahay, saya baru saja menemukan sebuah aplikasi canggih yang bisa menyelesaikan permasalahan di atas, kamu nggak butuh QR code scanner sama sekali karena aplikasi ini akan mendeteksi semua informasi di kartu nama secaraย โ€” kalo orang bule bilangย โ€” automagically. ๐Ÿ˜›

Namanya Saciva, aplikasi Android ini punya kemampuan unik, gambaran singkatnya adalah ketika kamu dapat sebuah kartu nama, kamu tinggal memotretnya dengan aplikasi ini dan selebihnya biarkan aplikasi ini yang membereskan semuanya. Setelah proses konversi selesai kamu akan dapat notifikasi.

Lihat videonya dulu deh biar lebih paham.. ๐Ÿ˜›

Gratis

Nah kan, seneng kan kamu kalo ada aplikasi gratisan. ๐Ÿ˜€ Yup, bener banget, Saciva ini bisa didownload secara gratis. Tapi ingat, gratisan bukan berarti murahan, aplikasi ini bisa gratis karena ada sokongan dana di belakangnya. Makanya juga nggak ada iklannya.

Sinkronisasi online

Fitur ini penting, mengingat sekarang ini kita sering gonta-ganti smartphone. Itu sebabnya aplikasi ini butuh koneksi internet, selain itu, proses pemindaian teks pada kartu nama ini dilakukan oleh typing specialist, yaitu orang yang tugasnya menulis ulang apa yang tertulis pada kartu nama. Makanya bisa akurat banget kan. ๐Ÿ˜€

Privasi terjamin

Ketika tau bahwa aplikasi ini berjalan secara online, maka pertanyaan pertama yang muncul adalah keamanan privasi. Saciva menjamin bahwa semua data kartu nama yang di-upload ke server aman dan tidak akan tersebar ke mana pun.

Satu-satunya yang dibagi adalah kartu nama kamu yang memasukkan kartu namanya sendiri melalui menu โ€œScan My Own Cardโ€, ini untuk mendukung fitur sinkronisasi data kontak dengan pengguna lain yang telah menyimpan nomor telepon kamu. Jadi ketika kamu meng-update informasi pribadi kamu, maka informasi yang dimiliki pengguna lain akan otomatis ter-update juga.

Akurat

Dari beberapa kali percobaan, hanya terjadi kesalahan beberapa kali saja. Itu pun disebabkan oleh teks yang kurang jelas waktu memotretnya. Selebihnya nggak ada masalah, Saciva bisa mendeteksi nomor telepon, email, alamat kantor, dll dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sinkronisasi di atas, bahwa proses konversi dari foto ke teks dilakukan secara manual oleh typing specialist agar hasilnya akurat.

Langsung masuk ke kontak

Ini dia fitur yang sangat menyenangkan, setelah semua proses pemindaian selesai maka semua informasi kartu nama dimasukkan ke dalam kontak smartphone. Komplit tanpa ada yang tertinggal.

Cara memindahkan kartu nama ke kontak smartphone

1. Install aplikasi Saciva dari Google Play Store.
2. Silakan daftar akun baru.

photostrip-2016-06-06-1

ย 

3. Pilih tombol โ€œPlusโ€ di bagian kanan bawah untuk mulai memindai kartu nama.

Screenshot_20160603-150335
4. Pastikan kamera menemukan fokus yang pas biar kartu nama terbaca dengan baik, kalo sudah yakin fokus tekan tombol shutter-nya.

5. Preview dulu sebelum di-upload, kalo hasilnya udah bagus tekan tombol โ€œRequestโ€ di bagian kanan atas.

photostrip-2016-06-03-2

6. Silakan isi catatan dan kategorinya, untuk membuat kaegori baru tinggal tekan tombol โ€œpensilโ€ di sebelah kanan.
7. Kalo udah oke semua, pencet tombol โ€œOKโ€ dan tunggu sampai informasi kartu nama diketik oleh typist.
8. Setelah selesai, kartu nama akan muncul lengkap dengan semua informasi yang sudah masuk ke dalam kontak smartphone. Prosesnya cukup lama, tapi asal sudah masuk di waiting list kamu bisa tutup aplikasinya.

Screenshot_20160602-121032

9. Cek apakah sudah masuk kontak smartphone kamu.

photostrip-2016-06-03-4

Aplikasi Saciva ini cocok banget buat kamu yang sering berhubungan dengan banyak orang, misal kamu punya startup atau kerjaan kamu di bidang PR gitu bakal terbantu banget. Ya pokoknya kalo kamu setiap hari berurusan dengan kartu nama orang-orang penting, maka kamu harus pakai aplikasi Saciva ini. ๐Ÿ˜€


Saciva on Google Play