Cloning Windows 7/10 Cepat dan Gampang dengan EaseUS Todo Backup Free

  • Share

Kebutuhan tempat penyimpanan data pada PC atau laptop sekarang semakin besar, kalau dulu punya hard disk 250GB sudah terasa lega, sekarang mungkin bakal cepet penuh dengan berbagai macam file multimedia, seperti video dan foto, semakin bagus kualitasnya semakin besar pula ukuran filenya. Nah, salah satu solusi ketika hard disk sudah penuh adalah menggantinya dengan yang lebih besar, mungkin kalau pakai PC bisa ditambah langsung ya, tapi kalau laptop kan nggak bisa karena slot hard disk-nya emang cuma satu.

Masalah setelah mengganti hard disk adalah banyaknya data yang harus dipindah dan menginstalulang sistem operasi lengkap dengan semua aplikasinya. Itu akan memakan waktu yang cukup lama, keburu lebaran dong. 🙁

Cara paling cepat dan gampang adalah dengan cloning hard disk lama ke hard disk baru, cara ini akan menyalin sistem operasi dan semua data yang tersimpan di hard disk lama ke hard disk baru. Ada koq cloning software untuk Windows yang gratis, namanya EaseUs Todo Backup Free.

Langkah-langkah cloning Windows 7/10 dengan EaseUS Todo Backup Free

1. Jadikan hard disk baru sebagai hard disk external, untuk laptop gunakan kabel sata to usb atau external hdd case, kalau teman ada yang punya pinjam aja.

2. Download EaseUS Todo Backup Free, dan jalankan.

3. Pilih Clone, tombolnya ada di bagian kanan atas. Centang pada hard disk yang mau di-clone, ingat, jangan cuma centang drive C saja, karena itu akan menyebabkan gagal booting.

disk-clone-1

4. Pilih hard disk baru sebagai tujuan, sama seperti langkah sebelumnya, centang pada pilihan hard disk, jangan pilih partisi.

disk-clone-2

5. Tunggu sampai proses selesai sambil cari jodoh. 🙂

disk-clone-3

Selain untuk cloning hard disk, EaseUS Todo Backup Free adalah salah satu backup software terbaik saat ini, kamu bisa gunakan software ini untuk mem-backup data, mulai dari file, partisi, sampai level sistem operasi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.