Mahasiswa ITS Buat Sandal Berbasis Android Untuk Tunanetra

NGONOO.com – Nah, ini baru mahasiswa gaes, kamu mahasiswa apa kabar? Tenang gaes, kuliah gak cuma berkutat mengenai problematika mahasiswa dengan skripsweet saja, tapi juga bagaimana kamu mengaplikasikan tentang seberapa banyak dan manfaat ilmu yang kamu dapatkan ketika kuliah.

Nah, mimin mau ngasih kabar gembira nih gaes, ada salah satu mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang berhasil membuat sandal untuk tunanetra berbasis android, ini sangat ngebantu banget, apalagi bagi mereka yang benar-benar membutuhkannya.

Sandal Santun

Nama sandal ini adalah “Santun”, sebagaimana budaya Indonesia yang sudah hampir punah dan mulai terlupakan, kita tetap kudu santun dengan siapapun, apalagi dengan orang yang lebih tua.

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, sudah seharusnya teknologi semacam ini dibuat untuk memudahkan bagi mereka yang membutuhkan. Sandal ini adalah solusi cerdas sebagai pengganti tongkat untuk mereka penyandang tunanetra ketika sedang melakukan aktivitasnya.

Sandal pintar “Santun” ini dibuat dari bahan karet. Tujuannya supaya bagian bawah sandal bisa dilubangi untuk dipasang sensor, mikrokontroler dan bluetooth serta baterai kecil sebagai pemasok energi.

Pada bagian kiri dan kanan sandal, terdapat sensor jarak tipe HC-SR04 yang bisa mendeteksi rintangan hingga jarak 5 meter. Sensor ini akan memberi tahu pengguna malaui suara untuk berhati-hati jika di kiri atau di kanan terdapat halangan. Bunyi tersebut bisa didengar pengguna melalui earphone yang telah terhubung Bluetooth pada smartphone berbasis Andrioid.

Sensor yang terpasang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya halangan dan rintangan di sisi kiri, kanan dan depan. Kalau ada halangan atau rintang maka sensor tersebut akan berbunyi ‘awas kanan’ atau ‘awas kiri’.

Untuk membuat sandal pintar “santun” ini, para mahasiswa menghabiskan dana sekitar Rp 1 juta dan masih dalam proses penyempurnaan. Namun akan lebih murah jika sandal ini bisa diproduksi masal dan dalam jumlah yang besar.

Nah, itu tadi informasi seputar Mahasiswa kreatif dengan ide yang langsung di aplikasikannya. Sekarang giliran kamu mahasiswa generasi penerus bangsa! Udah buat apa hari ini! 😀

via metrotekno

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *