ASUS Zenfone Max Pro M2

Doze, Aplikasi Penghemat Baterai di Android

Taufiq Hasan | Android | 26 Aug, 2016

Kemampuan smartphone semakin hari semakin kompleks, dulu ketika koneksi internet belum seperti sekarang masih banyak hal yang bisa dilakukan secara offline. Iya, soalnya dulu banyak aplikasi yang belum pakai internet buat mendukung fitur-fiturnya, lah sekarang aplikasi edit foto kayak Prisma aja butuh koneksi internet. Sekarang apa coba aplikasi yang nggak butuh koneksi internet? Ada banyak sih. ๐Ÿ˜€

Tapi yang paling sering kamu pakai setiap hari nggak bakal jauh dari internet kan, media sosial jelas, pesan singkat jelas, browser jelas, games juga banyak yang online. Nah, berarti salah satu cara yang efektif buat menghemat baterai adalah mencegah aplikasi-aplikasi yang nggak terlalu penting biar nggak nyambung ke internet saat smartphone dalam keadaan tertidur atau layar mati, misalnya pasย di dalam kantong,

Doze adalah aplikasi yang bisa melakukan hal di atas tadi, dan banyak penggunanya yang mengakui bahwa dengan cara ini mereka bisa menghemat baterai cukup signifikan. Saya pun sepakat, bahwa aplikasi ini punya kemampuan yang oke punya.

doze-3

Cara pakainya gampang banget, yang perlu kamu atur cuma pemilihan aplikasi apa saja yang mau diijinkan mengakses internet waktu smartphone lagi tidur.

doze-2

Selain itu ada beberapa pengaturan yang bisa kamu gunakan kalau perlu, seperti Aggressive Mode yang akan mengaktifkan Doze ketika layar mati maupun menyala, WiFi Preferred yang akan mematikan Doze ketika smartphone tersambung dengan WiFi, dan Charge Preferred yang akan mematikan Doze ketika smartphone sedang di-charge.

doze-1

Setelah itu silakan gunakan smartphone kamu seperti biasanya. ๐Ÿ™‚

Enak kan?

Eh btw Android Lollipop kan sudah punya fitur battery saver kayak Doze

Iya emang, tapi Doze punya lebih banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, kalau bawaannya Lollipop kan memutus koneksi internet tanpa pandang bulu.