20 September 2016

5 Cara Mudah Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak

Rasa-rasanya earphone udah menjadi salah satu barang yang wajib kamu bawa, apalagi kalau kamu termasuk orang yang hobi dengerin musik atau audiobook dimanapun kamu berada. Kalau barang kecil ini lupa kamu bawa, tentunya kamu bakal jadi orang yang berisik dengan suara musik yang keluar dari loudspeaker gadgetmu.

Meski selalu dibawa, bisa jadi kamu justru lupa merawat earphone kesayanganmu sendiri dan tau-tau rusak gitu aja, padahal merawat earphone itu mudah lho. Simak aja lima langkah mudah merawat earphone biar awet dan tidak cepat rusak di bawah ini.

Gulung kabel earphone dengan benar

menggulung-kabel-earphone

via lifehacker.com

Entah earphone bermerk hi-class ataupun abal-abal, kalau kamu tidak menyimpannya dengan cara yang benar, bisa dipastikan kamu bakal bolak balik beli earphone. Meletakkan earphone sembarangan di dalam tas bisa mengakibatkan output suara earphone bakal jadi gak bagus atau bahkan kabelnya putus karena terlilit di barang-barang lain yang kamu bawa.

Untuk itu, sebaiknya kamu menggulung kabel earphone dengan benar sebelum memasukkannya ke dalam tas. Caranya, posisikan jari tanganmu seperti dalam gambar lalu lilitkan kabel earphone pada jarimu hingga membentuk angka delapan dengan posisi dua kepala earphone tidak ikut dililit. Sisakan sebagian kabel pada ujung colokan untuk dimasukkan ke dalam lubang lilitan. Kalau kamu malas menggulung, pakai saja penjepit kabel.

Simpan dalam wadah khusus

via brit.co

via brit.co

Earphone yang disimpan jadi satu dalam tas berisi kabel charger atau kabel data besar kemungkinan bakal ikut terbelit. Apalagi kalau tasmu berisi banyak barang dan kabel earphonemu menyembul dan kamu keburu pengen dengerin buku atau lagu, kamu bakal secara refleks menariknya. Nah, itu tuh yang bisa bikin earphone cepat rusak. Kamu bisa menghindari kerusakan earphone dengan cara menggunakan wadah khusus untuk menyimpan earphone. Kalau mau yang murce, kamu bisa gunakan wadah bekas permen atau plastik klip.

Amankan dari air meski hanya setetes

via lifehacker.com

via lifehacker.com

Saking asyiknya dengerin audiobook atau lagu-lagu kesayangan, kamu lupa kalau kamu baru berada di bawah terik matahari atau lagi nge-gym. Pastinya berkeringat, kan? Atau pas kehujanan kamu lupa melepas earphone yang nempel di lubang telingamu. Wah, bisa dipastikan earphonemu bakal kemasukan air dan ujung-ujung mati.

Daripada nyesel, mending kamu lakukan tindakan pencegahan dengan membiasakan mengelap telinga dan area di sekitarnya dengan tisu atau lap kering terlebih dahulu sebelum menggunakan earphone. Setelah menggunakan earphone pun ada baiknya jika kamu juga mengelapnya sebelum menyimpannya ke dalam wadah.

Bersihkan earphone dari debu

via livestrong.com

via livestrong.com

Tidak hanya menghindarkan earphone dari tetesan air, kamu juga harus memperhatikan kebersihan pada bagian kepala earphone karena di sanalah debu-debu terperangkap dan bisa membuat output suara menjadi sumbang. Ambil sikat gigi kering lalu gosok perlahan bagian kepala earphone untuk membersihkannya dari debu. Cara lain, ambil cotton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol 70%, kemudian gunakan untuk membersihkan permukaan earphone agar tetap steril.

Pasang volume sewajarnya

via iconfinder.com

via iconfinder.com

Dengerin musik gak seru kalau gak pake volume maksimal. Duh guys, justru kebiasaan itu yang bikin earphone mu jadi cepet pensiun dini karena otomatis barang wajib ini bakal bekerja ekstra demi menuruti keinginanmu untuk mendengarkan dengan volume keras sehingga merusak komponen di dalamnya dan menurunkan kualitas output suara. Selain itu, kebiasaan mendengarkan suara melalui earphone dengan volume keras juga tidak baik bagi kesehatan telinga.

Sekarang tau ya, gimana cara merawat earphone kesayangan. Caranya sangat mudah dilakukan dan earphonemu pun bakal awet.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *