ASUS ROG G752VS: 6th Gen Intel Core i7, NVIDIA 10 Series, RAM 64 GB, Berpendingin Canggih

Laptop gaming memiliki standar paling tinggi dibandingkan dengan laptop yang lain, bahkan laptop kelas bisnis pun masih kalah jauh spek hardware-nya. ASUS ROG berambisi untuk membawa pengalaman bermain game di PC ke laptop yang mudah dibawa kemana pun. Meskipun nggak mungkin memiliki bentuk yang ringan, tapi paling nggak punya mobilitas.

Pada seri ROG terbarunya G752VS, ASUS benar-benar ingin memberikan laptop gaming paling garang di kelasnya. Bagian body-nya saja sudah menarik perhatian, bentuknya besar dan seksi, lengkap dengan logo ROG yang menyala di bagian depan.

Pertama kali memegangnya, saya cukup takjub, biasanya saya takjub karena laptop yang super tipis, kali ini saya memegang sebuah laptop dengan berat 4,4 kg dengan ukuran layar 17,3 inci dan saluran pendingin di bagian belakang yang besar berwarna orange. Mari kita ulas segala kemewahan yang tertanam di dalamnya.

rog-g752vs-6

rog-g752vs-2

Prosesor Intel Skylake-K generasi ke-6

ASUS membenamkan prosesor Intel Core i7 6820HK, ini merupakan Skylake-K Unlocked Core i7 generasi ke-6, tambahan nama “Unlocked” berarti prosesor ini bisa di-overclock hingga 4GHz. Dengan kecepatan seperti ini, game apa pun pasti bisa dijalankan dengan mulus.

pcmark

Hasil benchmark PCMark 8

GPU NVIDIA 10 series

Pada bagian GPU, ASUS ROG G752VS juga menggunakan seri NVIDIA GeForce GTX 1070 dengan GDDR5 8GB VRAM. GPU ini sudah menggunakan arsitektur Pascal yang diklaim punya kemampuan lebih mumpuni dan hemat energi.

unigine

sumber: jagatreview.com

NVIDIA GeForce GTX 1070 ini diklaim hingga 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan GTX970.

RAM 64 GB

Untuk menyempurnakan performa CPU dan GPU di atas, ASUS ROG G752VS dipasangi RAM sebesar 64 GB dengan socket DDR4. Tapi tunggu dulu, RAM -nya ROG G752VS berjalan pada frekuensi 2400MHz, ini berarti 12.5% lebih tinggi dari kecepatan DDR4 biasanya.

NVMe SSD 512 GB + HDD 1 TB

Penggunaan SSD pada sebuah laptop berperforma tinggi adalah hal yang mutlak, karena operasi baca tulis pada storage sangat perpengaruh pada keseluruhan performa, secara sistem operasinya kan tersimpan di dalam storage.

SSD pada ROG G752VS menggunakan socket NVMe yang dikenal sebagai socket paling cepat saat ini, 4 kali lebih cepat dibandingkan SATA3.

ssd

Layar wide-view berteknologi NVIDIA G-SYNC

Teknologi G-Sync membuat tampilan layar lebih nyaman dilihat ketika bermain game, meminimalisir lag, stutter, dan menghilangkan tearing. NVIDIA G-Sync bekerja di luar sistem, sehingga nggak mempengaruhi kinerja komponen lain.

g-sync

Layar canggih ini semakin lengkap dengan resolusi 4K dan wide-view hingga 178 derajat, sehingga ketika dilihat dari sudut mana pun tetap terlihat jelas.

rog-g752vs-7

Pendingin canggih: ROG 3D Vapor Chamber

rog-g752vs-5

Performa setinggi ini tentu butuh pendingin yang nggak sembarangan, GPU dan CPU yang berjalan di dalam laptop suhunya pasti nggak main-main. Nah, makanya ASUS merancang pendingin yang canggih biar CPU, GPU, dan semua komponen di dalam laptop bisa bekerja optimal dan awet.

vapor

ROG 3D Vapor Chamber mampu mendinginkan CPU dan GPU secara efisien, pendingin ini berisi cairan khusus yang jika terkena panas akan berubah menjadi gas, lalu ketika dingin akan kembali lagi menjadi cairan. ROG 3D Vapor Chamber ini mampu menghasilkan suhu sampai di bawah 0 derajat. Wow!

Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah, suhu ROG G752VS lebih adem.

temp

VR Ready!

VR atau Virtual Reality adalah masa depan dari dunia game, sekarang pun sudah banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi VR. NVIDIA GeForce GTX 1070 sudah siap dengan game VR yang memang butuh tenaga lebih daripada game-game biasanya.

rog-g752vs-9

GPU ini diklaim mampu menjalankan game VR tanpa lag dengan tampilan yang lembut.

Keyboard dengan Anti-Ghosting dan tombol makro

rog-g752vs-3

Dalam dunia gaming, kualitas controller sangat berpengaruh pada permainan, karena ini laptop, maka keyboard berfungsi sekaligus menjadi sebuah controller. Teknologi anti-ghosting memastikan semua tombol akurat dan menjalankan pertintah secara instan. Bahkan mestkipun 30 tombol ditekan secara bersamaan, keyboard tetap menjalankan fungsinya dengan baik.

rog-g752vs-8

 

Terdapat 5 tombol makro yang sangat bermanfaat untuk melakukan kombinasi tombol yang sulit hanya dalam satu tombol.

Audionya juga canggih

Pengalaman audio yang ditawarkan ROG G752VS melengkapi semua komponen high-end yang terpasang di dalamnya. Kualitas audio yang dihasilkan bukan cuma nyaman didengar, tapi juga canggih. Teknologi Sonic Radar memungkinkan kamu untuk mendeteksi posisi musuh ketika bermain game.

Port USB Type-C dengan kecepatan Thunderbolt

Memindah file berukuran besar membutuhkan port yang super cepat biar nggak kelamaan nunggu, ROG G752VS dilengkapi dengan port USB Type-C dengan dukungan Intel Thunderbolt 3 yang mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi.

rog-g752vs-1

Garansi global 2 tahun

Sebuah laptop gaming premium pasti mendapatkan jaminan yang bagus dari ASUS, seri ROG G752VS ini memiliki garansi 2 tahun yang berlaku global. Artinya berlaku nggak cuma di Indonesia saja.

Spesifikasi ASUS ROG G752VS
ProsesorIntel® Core™ i7 6820HK Processor
Sistem OperasiWindows 10 Home
ChipsetIntel® CM236 Express Chipset
MemoriDDR4 2400MHz SDRAM, up to 64 GB SDRAM
Display17.3″ (16:9) LED backlit UHD (3840×2160) Anti-Glare 60Hz Panel with 100% Adobe with IPSwith G-Sync
GPUNVIDIA GeForce GTX 1070 , with GDDR5 8GB VRAM
StorageHard Drives:1TB 7200RPM SATA HDDSolid State Drives:512GB PCIE Gen3X4 SSD (RAID0)
Drive OptikSuper-Multi DVD
KeyboardIlluminated Chiclet Keyboard
Card ReaderMulti-format card reader (SD/MMC)
WebCamHD Web Camera
NetworkingIntegrated 802.11 AC
Bluetooth: Built-in Bluetooth V4.1
InterfaceHeadphone / surround out
1 x Microphone-in jack
1 x Headphone-out jack (SPDIF)
1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI 1 x mini Display Port
1 x SD card reader
AudioBuilt-in Stereo 2 W Speakers And Digital Array Microphone
Baterai8 Cells 90 Whrs Battery
Adaptor DayaPlug Type :ø7.4 (mm)
Output :19.5 V DC, 11.8 A, 230 W
Input :100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system
Dimensi42.8 x 33.4 x 5.3 cm (WxDxH)
Berat4.4 kg with Battery
SekuritasKensington lock
Garansi2 tahun garansi hardware global

Semua kecanggihan di atas harus dibayar dengan mahal, iya, tapi bagaimana pun juga harga 59 juta adalah harga yang pantas.

Jika mau melihat segmen pasar yang lebih luas, sebenarnya ASUS ROG G752VS ini bukan cuma untuk gamers, tapi para profesional yang bekerja di bidang desain grafis, video editing, 3D modeling, dll pasti akan ngiler melihat performa segarang ini. 😀

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *