ads

Review ASUS ZenPower Ultra: 20100 mAh, Quick Charge 2.0, Tahan Banting

Taufiq Hasan | Reviews | 30 Nov, 2016

Kebutuhan akan daya listrik untuk gadget semakin besar seiring semakin tingginya spesifikasi smartphone atau tablet. Performa tinggi tentu butuh dukungan tenaga yang besar, makanya tren kapasitas baterai pada smartphone sekarang berkisar pada 3000 mAh. Karena kemungkinan besar smartphone bisa bertahan seharian untuk aktivitas normal. Sementara itu, perusahaan-perusahaan pembuat SoC juga terus berinovasi untuk membuat SoC yang lebih hemat daya.

Bagi pengguna, cara paling gampang untuk tetap bisa menggunakan gadget tanpa khawatir kehabisan baterai adalah dengan menyediakan powerbank. Perangkat yang satu ini memang sangat praktis, apalagi ketika kita sedang dalam perjalanan jauh. Nah, memilih powerbank juga nggak boleh sembarangan, karena kalau sampai salah pilih yang kualitasnya kurang oke, baterai gadget kamu yang jadi taruhannya.

p_20161130_134400_hdr

Kamu mungkin pernah dengar atau baca tentang ZenPower, yap, ini saudaranya ZenFone dan ZenBook. ZenPower adalah powerbank buatan ASUS, dan belum lama ini ASUS merilis ZenPower Ultra, bisa ditebak dong, nama Ultra di belakangnya ini mengindikasikan sebuah powerbank dengan kapasitas yang besar.

Kapasitas 20100 mAh,  perjalanan lama nggak masalah

p_20161130_134156_vhdr_auto

Kapasitas besar adalah salah satu keunggulan yang paling kelihatan pada ZenPower Ultra, karena ini mempengaruhi bentuknya jadi lebih panjang daripada powerbank biasanya. Kapasitas dayanya adalah 20100 mAh, hitungan simpelnya ZenPower Ultra ini bisa untuk mengisi baterai smartphone berbaterai 3000 mAh 8 kali dari keadaan kosong sampai penuh. Atau jika kamu mau traveling dengan waktu perjalanan semingguan, maka powerbank ini layak kamu pertimbangkan.

Dua port Quick Charge 2.0

p_20161130_134212_vhdr_auto

Port USB yang digunakan untuk ngecharge jadi fitur unggulan selanjutnya, ada dua port USB dan semuanya mendukung teknologi Quick Charge 2.0, ini berarti jika kamu punya smartphone yang sudah mendukung Quick Charge 2.0 maka waktu pengisian baterai smartphone kamu akan lebih cepat hampir dua kali lipat daripada menggunakan port USB biasa.

Bahkan ketika dua port digunakan secara bersamaan, keduanya tetap punya performa yang sama.

Tahan Banting

Untuk memperkuat ke-Ultra-annya, ASUS menguji ZenPower Ultra dengan beberapa jenis tes, antara lain menahan beban hingga 50 kg, kabelnya kuat menahan beban hingga 5 kg, 5000 kali colok pada port USB, dan drop test hingga ketinggian 80 cm.

Bonus: Senter LED

Fitur tambahan ini kelihatannya biasanya, tapi coba ingat kalau ZenPower Ultra ini punya kapasitas 20100 mAh. Dengan lampu senter LED kamu bisa bertahan berjam-jam sambil ngecharge smartphone dalam keadaan darurat mati listrik di malam hari. Asal powerbank-nya juga penuh lho yaa.. 😀

Tips: Tekan agak lama untuk menyalakan dan mematikan senter.

Karena bentuknya yang panjang dan cukup berat, jadinya ZenPower Ultra ini kurang nyaman masuk kantong celana apalagi baju.

Untuk mengisi daya dari kondisi kosong sampai penuh, ZenPower Ultra butuh waktu sekitar 7,5 jam, itu pun kalau kamu pakai charger 2A. Saran saya sih, jangan sampai lupa ngecharge kalau besoknya mau dipakai buat perjalanan jauh. 😀

Sayangnya ASUS ZenPower Ultra ini nggak dilengkapi dengan charger sekalian untuk menjamin kecepatan pengisian dayanya. Maksudnya, jika ZenPower Ultra punya charger bawaan yang memiliki standar tertinggi, maka semua pengguna bisa mendapatkan proses charging yang optimal.

Saat ini ZenPower Ultra hanya bisa dibeli di ASUS Store dengan harga Rp. 769.000,-.