Aplikasi Yang Bikin Mendongeng Untuk Anak Jadi Lebih Seru

Mendongeng tentunya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangan bagi para orang tua. Selain mempererat ikatan psikologis orang tua terhadap anak, mendongeng juga memiliki banyak manfaat bagi si anak itu sendiri. Namun apa jadinya jika orang tua kehabisan ide cerita untuk mendongeng atau bahkan terlalu disibukkan oleh pekerjaan yang menyita banyak waktu?

Di era digital ini, para orang tua bisa memanfaatkan gadget untuk mencari alternatif sebagai media mendongeng. Meskipun memanfaatkan teknologi yang canggih, bukan berarti si anak dilepaskan sepenuhnya untuk menikmati dongeng dari gadget. Sebagai orang tua tetap harus mendampingi si anak pada saat mengaksesnya. Berikut ini lima aplikas yang bikin mendongeng untuk anak menjadi lebih seru.

StoryMasher

storymasher-blackberry
via appworld.blackberry.com

StoryMasher merupakan aplikasi penyedia buku cerita anak dengan berbagai cerita petualangan yang interaktif dimana si anak bisa memilih sendiri cerita yang diinginkan sehingga merangsang kreativitasnya. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Blackberry Playbook dengan dua versi, yaitu gratis yang bisa memuat dua cerita, dan versi berbayar yang memuat hingga enam cerita.

Cerita Anak Nusantara

via play.google.com
via play.google.com

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android ini menghadirkan cerita-cerita rakyat Nusantara dari berbagai daerah. Pada setiap cerita terdapat teks dan narasi bacaan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur dimana suara narasi bisa diganti dengan rekaman suara dari orang tua atau bahkan si anak sendiri.

Bella dan Kelima Balon

via itunes.apple.com
via itunes.apple.com

Bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Bella yang kehilangan lima balonnya, ia berusaha untuk menemukan kelima balonnya kembali. Tetapi dalam pencariannya, Bella menghadapi berbagai macam situasi. Nah, di sini terdapat 13 varian situasi yang dipilih oleh anak-anak sehingga mereka bisa ikut berpetualang bersama Bella. Aplikasi yang dibuat oleh mahasiswi alumni Psikologi UI ini bisa diunduh oleh para pengguna gadget berbasis iOS dan tersedia dalam dua versi bahasa, Indonesia dan Inggris.

Dongeng Anak

via microsoft.com
via microsoft.com

Aplikasi Dongeng Anak ini tersedia bagi pengguna Windows phone dan bisa digunakan sebagai bahan mendongeng untuk anak. Sebagian besar dongeng yang ada di aplikasi ini merupakan fabel yang berisi kisah inspiratif dan mendidik.

Listeno

via listeno.com
via listeno.com

Ingin mendengarkan dongeng anak berbahasa Indonesia lebih banyak? Dengerin langsung dari aplikasi Listeno yang bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store. Listeno menyediakan puluhan judul audiobook dongeng anak mulai dari fabel, cerita rakyat, cerita religi, hingga ensiklopedi yang dinarasikan dengan bahasa yang ringan dan sederhana sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak. Selain itu, dalam setiap dongeng selalu terselip pesan moral yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan.

Shabrina Jasmin

Shabrina Jasmin

Total posts created: 15

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *