Baca Artikel Panjang Lebih Nyaman Dengan Reader Mode pada Browser

Waktu lagi browsing-browsing trus nemu artikel menarik tapi panjang kadang kita nggak betah membacanya sampai selesai, bisa karena memang artikelnya semakin membosankan atau bisa jadi cuma karena tampilan website-nya kurang sempurna untuk dipandang dalam waktu lama, entah karena pemilihan font, warna, dan layout-nya yang nggak pas.

Kalau permasalahannya pada tampilan website-nya, masih bisa diakali lho, caranya adalah dengan mode baca atau reader mode. Memang nggak semua browser punya fitur ini, salah satunya Chrome. 😀 Tapi tenang, masih bisa diakali dengan memasang extension koq. Begini caranya..

Chrome

Silakan pasang Mercury Reader, lalu aktifkan. Lalu ketika menemukan artikel yang panjang, langsung saja klik icon Mercury Reader di pojok kanan atas.

Akan jadi seperti ini:

Ada juga opsi untuk mengatur ukuran dan jenis font, dan warna. Silakan klik pada ikon Setting.

Firefox

Nah, Firefox sudah punya built-in reader mode, jadi kamu tinggal aktifkan saja ketika menemui artikel yang panjang. Tombolnya ada di sebelah kanannya address bar.

Kamu juga bisa mengatur beberapa hal biar lebih nyaman.

 

Safari

Untuk pengguna macOS, Safari juga punya built-in reader mode koq. Sama seperti Firefox, kamu tinggal aktifkan saja.

Cara ini menurut saya adalah yang paling praktis agar bisa menikmati tulisan yang sangat panjang.
Selamat mencoba.. 🙂

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *