Cara Backup Percakapan di WhatsApp Ketika Ganti Smartphone Android

Sampai saat ini, WhatsApp masih menjadi salah satu layanan instant messenger paling populer dengan pengguna aktif sekitar 1 milyar lebih. Di Indonesia kita juga hampir setiap hari menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi, bisa dibilang WhatsApp sudah berhasil menggantikan SMS dan BBM bagi para mantan pengguna BlackBerry. 😀

Dengan perkembangan smartphone yang sangat cepat seperti sekarang ini, maka adalah hal yang wajar para pengguna setia pada smartphone cuma dua tahun, atau malah cuma setahun sudah ganti smartphone. Hubungannya sama WhatsApp adalah ketika ganti smartphone, semua percakapan juga harus dipindah secara manual. Karena WhatsApp berbeda dengan instant messenger lainnya yang semua pesannya tersimpan di server, kalau WhatsApp kan semua pesan tersimpan di smartphone masing-masing, makanya ketika menggunakan versi web atau aplikasnya pun harus melalui smartphone.

Agar semua percakapan bisa ikut pindah ke smartphone baru, kamu bisa mem-backup percakapan dengan Google Drive. Begini caranya..

1. Buka aplikasi WhatsApp, masuk ke menu Settings melalui three-dot menu di pojok kanan atas.
2. Pilih opsi Chats, lalu pilih Chat backup.
3. Di bagian bawah ada opsi untuk backup ke Google Drive, akun yang digunakan adalah akun Google yang kamu gunakan pada smartphone Android kamu. Biar nggak terlalu besar, abaikan opsi Include videos.
4. Pencet tombol Back Up dan tunggu sampai proses selesai.

Kalau sudah selesai, kamu bisa menggunakan backup percakapan itu pada smartphone baru.

1. Pastikan smartphone Android menggunakan akun Google yang sama dengan smartphone lama.
2. Install WhatsApp, login dengan akun yang sama dengan smartphone lama.
3. Setelah akun berhasil terverifikasi, WhatsApp akan mendeteksi backup secara otomatis, nah silakan pencet tombol Restore.

Udah gitu aja, semua percakapan dan gambar-gambar akan kembali seperti smartphone yang lama.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *