Cara Mengakses Gmail Melalui Aplikasi Mail pada Windows 10

Email merupakan salah satu media komunikasi internet yang paling tua, di beberapa negara, masyarakatnya justru lebih terbiasa menggunakan email daripada layanan instant messenger seperti di Indonesia. Di Indonesia, sepertinya masih banyak juga yang mempunyai email hanya untuk syarat mendaftar jejaring sosial, selebihnya email sama sekali nggak pernah dibuka dan akhirnya lupa password-nya. 😀

Buat saya pribadi, email adalah hal yang sangat penting, dan sejak populernya smartphone saya lebih banyak mengakses email melalui aplikasi email client. Email client berfungsi untuk mengakses email tanpa harus membukanya melalui browser. Kalau dianalogikan dengan Facebook, saya cukup menggunakan aplikasi Facebook saja, tanpa perlu buka browser lalu mengakses facebook.com.

Ketika menggunakan laptop saya juga lebih nyaman menggunakan email client, beruntung Windows 10 telah disertai dengan sebuah aplikasi email client yang sangat menyenangkan ketika digunakan, minim pengaturan dan fitur-fiturnya pas.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengakses email Gmail melalui aplikasi Mail pada Windows 10. Sebenarnya aplikasi Mail bisa digunakan untuk semua layanan email, karena protokol email punya standar yang sama. Caranya hampir sama, jadi saya kasih contoh untuk Gmail saja.

1. Buka aplikasi Mail melalui Start Menu, silakan ketik Mail gitu nanti akan muncul.


2. Buka pengaturan, klik icon Settings di bagian kiri bawah.


3. Menu muncul di bagian kanan, pilih opsi Manage Accounts.


4. Pilih opsi Add account.


5. Pilih Google, masuk dengan akun Google kamu sampai pada opsi Allow untuk mengijinkan aplikasi Mail untuk mengakses Gmail kamu.


6. Seharusnya sekarang kamu bisa melihat email-email Gmail kamu.

Keuntungan menggunakan aplikasi email client adalah adanya notifikasi setiap ada email masuk dan yang jelas kamu nggak perlu buka browser hanya untuk ngecek ada email baru apa nggak. 😀

Sekian dan selamat mencoba!

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *