Xiaomi Tips: Mengunci Aplikasi Dengan Fingerprint Sensor

Untuk beberapa urusan, smartphone telah berhasil mengantikan laptop dan bahkan malah lebih praktis karena smartphone lebih mudah dibawa kemana-mana, misalnya untuk menghandel email sampai dokumen penting perusahaan. Selain didukung performa smartphone yang oke, saat ini banyak aplikasi produktivitas yang punya fitur dan antarmuka yang sangat nyaman digunakan.

Perlakuan pada aplikasi-aplikasi penting seperti itu tentu harus dibedakan dengan aplikasi biasa dong, terutama untuk urusan keamanan. Jangan sampai orang lain bisa dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi tersebut dan melihat informasi yang nggak seharusnya diketahui. Selain itu, pengamanan juga berguna untuk melindungi aplikasi media sosial dari pembajakan. 😀

Untungnya MIUI-nya Xiaomi punya fitur App Lock yang bisa mengunci semua aplikasi yang terpasang, karena nggak semua aplikasi menyertakan fitur keamanan. Nah, kalau kamu pakai smarphone Xiaomi yang sudah ada fingerprint sensor-nya, kamu bisa gunakan fitur itu untuk mengunci aplikasi-aplikasi penting.

Kenapa pakai fingerprint sensor?
Karena ini jauh lebih cepat daripada pakai pengaman password atau pattern.

Aktifkan pengaman fingerprint dulu

1. Buka Settings, masuk ke opsi Lock Screen & Password, lalu pilih Screen lock & fingerprint.


2. Pilih opsi Choose screen lock, silakan atur device security dengan Pattern, PIN, atau Password. Hal ini wajib diaktifkan untuk bisa menggunakan fitur pengaman fingerprint.


3. Silakan tambahkan sidik jari kamu dengan opsi Add fingerprint. Tambahkan jari kanan dan kiri agar nantinya nggak repot waktu menggunakannya.


4. Pastikan pada opsi App lock sudah aktif pada bagian Apply Fingerprint to..

Sekarang atur pengaman App lock

1. Buka Settings, pilih opsi App lock, kamu akan dimintai Pattern, PIN atau Password yang sudah kamu atur tadi.


2. Silakan centang aplikasi apa saja yang mau diamankan.


3. Selesai, sekarang seharusnya jika aplikasi itu dibuka akan meminta Pattern, PIN atau Password, tapi karena fingerprint-nya sudah diaktifkan, maka kamu bisa langsung menyentuh sensornya untuk membuka aplikasi.

 

Begitulah ceritanyaa.. Gampang kan? 🙂

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *