Cara Menghemat RAM Saat Menggunakan Chrome dengan The Great Suspender

NGONOO.com – Chrome menjadi salah satu aplikasi browser yang paling banyak diidolakan oleh sebagian kalangan, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi berselancar di dunia maya. Meski banyak aplikasi browser lain, namun sepertinya Chrome menduduki posisi teratas untuk sebuah aplikasi browser.

Sebuah pekerjaan kadang juga menuntut kita untuk membuka banyak situs sebagai referensi, banyaknya tab yang kita buka saat browsing tentunya akan megakibatkan kinerja komputer semakin melambat, karena setiap tab yang kita buka membutuhkan RAM dengan kapasitas tertentu, tergantung dari banyaknya data yang kita akses. Alhasil kerjapun menjadi tidak maksimal.

Tapi nggak perlu khawatir gaes, karena Google Chrome punya cara tersendiri untuk menghemat RAM ketika browsing, yaitu dengan menggunakan salah satu ekstensi yang dimilikinya. Kali ini aku menggunakan ekstensi The Great Suspender untuk menghemat RAM saat browsing. Gimana cara menggunakan ekstensi ini? Yuk langsung aja kita caritau

Pertama instal terlebih dahulu ekstensi The Great Suspender

Setelah selesai menginstal, maka akan terlihat sebuah icon berbentuk kotak tak rata berwarna orange di pojok kanan atas. Klik icon tersebut maka akan terlihat 6 pilihan menu baru.

Menu tersebut diantaranya adalah Suspend this tab (mematikan satu tab yang sedang kita buka), Don’t suspend for now, Never suspend this site dan Suspend other site. Untuk mengembalikan seperti semula, cukup klik Unsuspend all tabs

Sedangkan untuk menu Setting kita bisa mengatur berapa lama waktu yang kita perlukan untuk mematikan tab tersebut. Jadi intinya adalah, browsing dengan membuka banyak tab bisa membuat kinerja komputer semakin lambat, salah satu solusinya adalah menggunakan ekstensi The Great Suspender supaya penggunaan RAM saat browsing bisa diminimalisir.

Sekian dan selamat mencoba! 🙂

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *