Selain Kamera, Ini Dia Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

NGONOO.com – Resolusi kamera yang baik kadang menjadi alasan utama kita untuk membeli smartphone baru. Aku tau kok gaes, kalau sekarang ini lagi ngetrennya selfie dan foto-foto dengan smartphone. Tapi tau nggak, dibalik smartphone dengan kamera yang bagus, terkadang ada spesifikasi yang perlu diperhatikan.

Smartphone dengan kamera bagus biasanya sudah dibekali dengan spesifikasi yang bagus lho min…  Harusnya demikian, lalu apa saja penentu dan pendukung kamera yang bagus itu, yuk langsung aja kita caritau.

1. RAM (Random Access Memory)

Contoh RAM yang Terdapat Pada Smartphone

RAM menjadi salah satu faktor utama smartphone tersebut masuk dalam ranah low-end, mid-end atau high-end. Smartphone Low-end biasanya dilengkapi dengan RAM 1-2GB, sedangkan untuk mid-end keatas menggunakan RAM 3GB, 4GB dan 6GB. Performa sebuah smartphone juga di pengaruhi oleh besarnya RAM gaes, jadi selain dari kamera, RAM juga harus menjadi faktor utama sebelum kamu membeli smartphone baru.

2. Chipset yang Digunakan

Chipset Mengambil Contoh dari Snapdragon dan Exynos

Kedua adalah chipset, ini adalah inti dari smartphone, sebelum membelinya alangkah baik mencaritau terlebih dulu spesifikasi smartphone tersebut, terutama chipset apa yang digunakan. Saat ini ada beberapa vendor yang menghasilkan chipset bertenaga, diantaranya adalah Qualcomm Snapdragon, Exynos, MediaTek dan Kirin. Sekarang ini smartphone Mid-end dan high-end banyak menggunakan chipset yang udah aku sebutin diatas.

3. GPU (Graphic Processing Unit)

Salah satu contoh GPU yakni Mali seri T880

GPU juga merupakan faktor penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli smartphone, pasalnya jeroan ini tuh menentukan bagaimana kualitas grafis dari smartphone yang nantinya akan kamu miliki. Akan terlihat ketika kita menggunakan smartphone untuk menonton video beresolusi besar dan ketika untuk bermain game, peran dari RAM dan chipset juga sangat dibutuhkan disini, jadi GPU juga harus diperhitungkan ya gaes.

4. User Interface (UI)

User Interface (UI) dari ASUS ZenUI

User Interface (UI) juga memiliki peran penting, dimana smarpthone dengan UI bawaan biasanya lebih nyaman dan tidak boros baterai, misalnya seperti Xiaomi yang sudah dibekali dengan MIUI dan ASUS yang sudah dilengkapi dengan Zen UI, masing-masing User Interface ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika kita harus mendownload maka pilihlah yang ramah untuk digunakan.

Itu dia 4 faktor yang bisa menjadi pertimabangan kamu sebelum membeli smartphone. Selain dari sisi kamera, RAM, Chipset, GPU dan UI juga bisa menjadi faktor penentu yang membuatmu tidak menyesal di kemudian hari.

Selamat belanjaaa….. 😀

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *