Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan MIUI pada Smartphone Xiaomi

Jika kamu adalah salah satu pengguna smartphone Xiaomi, kamu pasti merasakan ada banyak aplikasi bawaan yang sebenarnya kamu nggak butuh. Bukan cuma Xiaomi sih, kebanyakan smartphone pasti membawa beberapa aplikasi bawaan yang nggak pernah dipakai, atau bahkan nggak tau itu aplikasi buat apaan. 😀

Xiaomi punya beberapa jenis ROM, kalau kamu beli baru biasanya itu ROM Global tapi sudah dimodifikasi sama distributor dengan menambahkan aplikasi-aplikasi iklan atau sering disebut adware. Paling aman adalah menggunakan ROM Global yang diambil dari situs resmi MIUI, tapi ROM ini juga membawa banyak aplikasi Google yang tentu nggak semuanya penting.

Aplikasi bawaan nggak bisa dihapus tanpa akses root (semacam administrator), sedangkan untuk pengguna awam pasti males dong harus nge-root gitu. Solusinya adalah dengan cara menonaktifkan (disable) aplikasi yang nggak butuh root.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kamu juga nggak bisa langsung menuju pengaturan aplikasi lalu pencet tombol Disable :(. Ikuti langkah-langkah berikut ya..

1. Download aplikasi Activity Launcher via Play Store.
2. Jalankan aplikasinya, pada dropdown menu atas pilih opsi All activities.


3. Cari opsi Settings, ada dua di situ, silakan pilih yang atas (yang warna ikonnya abu-abu).


4. Lalu cari opsi Installed apps, ada 4 di situ, silakan pilih yang ada keterangannya “com.android.settings.Settings$ManageApplicationsActivity”.


5. Nah sekarang pilih aplikasi mana yang yang dinonaktifkan, buka dan pencet tombol Disable.

Dengan menonaktifkan aplikasi, maka ikon aplikasi nggak muncul lagi pada home screen. Dalam kasus yang saya alami, saya mau menonaktifkan Google Maps karena saya lebih suka pakai Here WeGo.

Begitulah kira-kira, selamat mencoba.

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *